DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) dalam hal ini Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur terus berkomitmen terhadap perbaikan perumahan rakyat dan kawasan permukiman (Perkim) di provinsinya yang terdiri atas 13 kabupaten/kota.

Ketua Komisi III yang juga membidangi perumahan rakyat serta lingkungan hidup, H Sahrujani menyatakan itu Sabtu (5/6) sesudah Komisinya kunjungan kerja (Kunker) dalam daerah setempat yaitu ke Kabupaten Tanah Laut (Tala) dan Barito Kuala (Batola), 3 - 5 Juni 2021.

Dalam Kunker ke "Bumi Tuntung Pandang" Tala, rombongan Komisi III meninjau pelaksanaan proyek Perkim pada Desa Martadah Baru (sekitar 50 kilometer tenggara Banjarmasin), Kecamatan Tambang Ulang.

Proyek tersebut berupa perbaikan jalan Desa Martadah Baru yang berada di pinggiran kawasan Pegunungan Meratus itu menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kalsel Tahun 2021.

Sedangkan nilai kontrak dari proyek Dinas Perkim Kalsel tersebut sebesar Rp1,1 miliar lebih (termasuk PPn 10 persen) dengan masa pelaksanaan 180 hari kalender dan pemeliharaan 365 hari kalender.
Rombongan Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur DPRD Kalsel saat meninjau jalan Desa Martadah Baru (sekitar 50 kilometer tenggara Banjarmasin) Kecamatan Tambang Ulang Kabupaten Tanah Laut salah satu proyek Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) provinsi setempat. (Istimewa/Nanda staf Komisi III.)

Menurut mantan Ketua DPRD Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU), Kalsel itu, pelaksanaan proyek Perkim berupa perbaikan jalan Desa Martadah Baru tersebut sudah sesuai perencanaan.

Politikus senior Partai Golkar itu menyatakan, perbaikan atau pembenahan Perkim merupakan keniscayaan agar terwujud suatu perumahan layak serta lingkungan yang baik dan sehat.

"Oleh karena itu, kami wakil rakyat yang juga membidangi perumahan rakyat serta lingkungan hidup akan selalu konsen dan mendorong pemerintah provinsi (Pemprov) Kalsel agar terus melakukan perbaikan Perkim," ujarnya.

"Bukan cuma sekedar mendorong, tapi juga Komisi III mendukung penganggaran untuk Perkim tersebut. Apalagi buat kepentingan rakyat banyak," demikian Sahrujani.
Foto bersama rombongan Komisi III Bidang Pembangunan dan Infrastruktur DPRD Kalsel saat meninjau jalan Desa Martadah Baru (sekitar 50 kilometer tenggara Banjarmasin) Kecamatan Tambang Ulang Kabupaten Tanah Laut salah satu proyek Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (Perkim) provinsi setempat. (Istimewa/Nanda staf Komisi III.)

Selain meninjau pelaksanaan proyek Perkim Desa Martadah Baru Tala, rombongan Komisi III tersebut juga melihat perbaikan Perkim Desa Anjir Pasar Kota (APK) II Kecamatan Anjir Pasar, Batola atau kabupaten bagian barat Kalsel.


 

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021