Komisi I Bidang Hukum dan Pemerintahan DPRD Kalimantan Selatan (Kalsel) mengonsultasikan tentang Forum Kerukunan Umat Beragama atau FKUB dengan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia di Jakarta.

Sekretaris Komisi I DPRD Kalsel H Suripno Sumas SH MH mengemukakan itu sebelum berkonsultasi dengan Direktorat Jenderal (Ditjen) Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kemendagri, Jumat.

"Kami secara khusus akan mengonsultasikan, bagaimana sebenarnya dalam pembinaan Forum Kerukunan Umat Beragama," ujar pensiunan pegawai negeri sipil (PNS) yang bergabung dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) itu.

Anggota DPRD Kalsel dua periode itu mengaku heran dan mengapresiasi dengan daerah tetangga yaitu Kalimantan Tengah (Kalteng) dalam pembinaan FKUB di provinsinya.

Pasalnya anggaran untuk pembinaan FKUB di "Isen Mulang" (pantang mundur) atau "Bumi Tambun Bungai" Kalteng cukup besar bila dibandingkan dengan Kalsel.

Begitu pula kegiatan FKUB di Bumi Isen Mulang atau Bumi Tambun Bungai Kalteng tersebut juga lebih banyak bila dibandingkan dengan Kalsel, demikian Suripno Sumas.

Konsultasi ke Ditjen Kesbangpol Kemendagri itu pada kesempatan kunjungan kerja Komisi I Kalsel yang dipimpin Ketuanya Dra Hj Rachmah Norlias dari PAn keluar daerah provinsi yang dijadwalkan, 3 - 5 Juni 2021.

Sementara pada jadwal bersamaan, kelompok lain dari Komisi I yang dipimpin Wakil Ketuanya H Syahdillah SSos MSi dari Partai Gerindra bersama beberapa anggota studi komparasi ke Kalteng

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021