Bintara Pembina Desa (Babinsa) Komando Rayon Militer (Koramil) 1001-12 Halong mengingatkan kepada masyarakat tentang pentingnya mentaati protokol kesehatan pada pandemi COVID-19.

Babinsa Koramil 1001-12/Halong Sertu Tri Wahyudi, di Paringin Kamis, mengatakan bahwa pihaknya yang sudah akrab dengan warga setempat terus memberikan pemahaman tentang keamanan dan disiplin terhadap protokol kesehatan. Apalagi beberapa waktu lalu, ada satu desa di Kecamatan Halong yang sempat intensif diawasi karena penyebaran COVID-19.

"Kami memberikan informasi dan pengetahuan tentang cara mengantisipasi penyebaran COVID-19, terutama bagi diri sendiri agar tidak menjadi orang yang memaparkan virus tersebut," kata dia.

Selain itu, ucapnya, sangat penting bagi warga untuk mentaati protokol kesehatan yakni menggunakan masker saat keluar rumah, mencuci tangan, menjaga jarak dan menghindari kerumunan. 

Pada kesempatan yang sama, giat operasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) berbasis Mikro juga dilangsungkan. Dirinya bersama Babinsa lainnya serta dua orang anggota Polsek Halong melakukan pendisiplinan protokol kesehatan. 

Mereka memberikan teguran kepada warga yang kedapatan tidak mengenakan masker saat di luar rumah. Selain itu juga membagikan masker kepada warga tersebut. 

"Kegiatan ini dilakukan secara rutin dan kami berupaya memberikan pemahaman kepada masyarakat di masa pandemi COVID-19 ini. Secara bersamaan pula melaksanakan giat operasi yustisi agar masyarakat dapat taat dalam menerapkan protokol kesehatan," ucap Tri Wahyudi. 

Dukungan masyarakat untuk mencegah penyebaran COVID-19, jelasnya, itu sangatlah penting. Pasalnya keterlibatan warga secara langsung merupakan bentuk upaya dalam meminimalisir penyebaran virus tersebut. Sehingga ketaatan dalam menjalankan protokol kesehatan pun diutamakan. 

Tri Wahyudi juga mengimbau kepada warga Desa Hauwai Kecamatan Halong agar selalu saling mengingatkan tentang pentingnya menjalankan protokol kesehatan. Tentunya cara tersebut diharapkan efektif untuk mencegah bertambahnya angka pasien COVID-19 di Kecamatan Halong dan tentunya di Kabupaten Balangan.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021