Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Banjarbaru Fadliansyah mengatakan, setiap pemuda harus mampu menjaga sekaligus memaknai nilai-nilai luhur yang terkandung dalam Pancasila.

"Generasi muda baik pemuda maupun pemudi harus mampu menjaga dan memaknai nilai-nilai luhur Pancasila karena merupakan pedoman hidup bagi setiao warga negara," ujarnya di Banjarbaru, Selasa. 

Pernyataan itu disampaikan Ketua DPRD usai mengikuti peringatan hari lahir Pancasila tahun 2021 bersama Wali Kota Banjarbaru HM Aditya Mufti Ariffin bersama unsur Forkopimda secara virtual dipimpin Presiden RI. 

Menurut Fadliansyah, Pancasila bukan hanya sekedar ideologi yang wajib dipahami oleh setiap rakyat Indonesia tetapi juga pedoman hidup sehingga menjadi pemersatu bangsa ditengah kebhinekaan masyarakat. 

"Pemuda memiliki peran yang sangat penting menjunjung nilai-nilai luhur dalam butir Pancasila karena mereka sebagai generasi penerus yang akan menjadi tonggak tegaknya negara kesatuan ini," ucapnya. 

Upacara virtual peringatan hari lahir Pancasila diikuti wali kota dan unsur Forkopimda Ketua DPRD Fadliansyah, Kepala Kejaksaan Negeri Andri Irawan dan Ketua Pengadilan Negeri Benny S yang mengenakan baju Getang. 

Sementara, unsur Forkopimda lainnya yakni Dandim 1006/Martapura Letkol Inf Imam Muchtarom dan Kepala Kepolisian Resor Banjarbaru AKBP Doni Hadi Santoso mengenakan Pakaian Dinas Upacara (PDU).

Presiden RI Joko Widodo dalam pidatonya mengatakan, pendalaman nilai-nilai Pancasila di masa sekarang tidak bisa dilakukan cara-cara biasa, tetapi diperlukan cara-cara baru yang luar biasa.

"Memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi terutama revolusi industri 4.0, dan menjadikan Pancasila pondasi mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkeindonesiaan," katanya.



 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021