Pemerintah Kabupaten Tanah Laut (Pemkab Tala), Kalimantan Selatan melalui  Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Kabupaten Tanah Laut mengunjungi jembatan darurat,  di Desa Handil Labuan Amas, Kecamatan Bumi Makmur, Jum’at (28/5).

Kepala Desa Handil Labuan Amas Bulkani mengungkapkan, selama jembatan terputus warganya sempat menggunakan akses jalan lain dengan jarak tempuh yang lebih jauh. 

Dia berharap, ada perbaikan jembatan dalam waktu dekat, karena jembatan darurat tersebut merupakan akses menyeberang untuk warga Desa Handil Labuan Amas dan warga Desa Pantai Harapan.

“Saat jembatan putus, kami memutar lewat  jembatan alternatif dan jaraknya kurang lebih satu kilometer. Mudah-mudahan ada perbaikan,” ungkap Bulkani haru, pada rangkaian Manunggal Tuntung Pandang.

Sementara, Wakil Bupati Tanah Laut Abdi Rahman setelah melakukan peninjauan mengaku khawatir dengan kondisi jembatan yang hanya dibangun dengan kayu galam,  padahal arus sungai cukup deras. 

Dia berjanji membantu perbaikan  jembatan tersebut agar warga Desa Handil Labuan Amas tidak lagi kesulitan menyeberang.

“Jembatan ini sangat diperlukan oleh warga, Insyaallah nanti akan dijadikan skala prioritas dan perhatian untuk ditindaklanjuti Pemerintah Daerah Kabupaten Tanah Laut,”tegas Abdi Rahman.

Terpisah, Kepala PUPRP Tala Agus Sektyaji mengatakan,  pihaknya akan segera melakukan perencanaan untuk pembangunan jembatan.

“Konstruksi jembatan kita rencanakan dulu, sebelum pengerjaan fisiknya. Kita pilih nanti apakah konstruksi kayu ulin atau beton agar lebih awet,”terang Agus Sektyaji.

Selain mendatangi jalan dan jembatan darurat di Desa Handil Labuan Amas, Wakil Bupati Tala beserta rombongan juga meninjau jalan dan jembatan di Desa Kurau Utara dan Desa Handil Suruk.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021