Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan menyiapkan 12 ribu paket sembako untuk pasar murah yang digelar mulai hari pertama Ramadhan 2010.

Masing-masing paket berisi gula pasir, minyak goreng, tepung dan susu yang dijual di 12 kecamatan menggunakan sistem kupon, kata Kabid Perdagangan, Disperindagkop dan UKM Tabalong Abdul Khair di Tanjung, Senin.

Pasar murah di 12 kecamatan memang diperuntukkan bagi keluarga tidak mampu sehingga menggunakan sistem kupon untuk membeli paket sembako dengan harga murah.

"Tahun ini kami menyiapkan 12 ribu paket sembako jadi masing-masing kecamatan disiapkan 1.000 paket yang terdiri atas gula, minyak goreng, susu dan tepung terigu," jelas Khair.

Paket sembako dijual di bawah harga pasaran seperti gula Rp8.500/kg, minyak goreng bimoli Rp8.500/liter, tepung Rp5.000/kg dan susu kaleng Rp5.000/kaleng.

"Untuk pembagian kupon kami melibatkan pihak kecamatan sehingga bisa memprioritaskan keluarga tidak mampu," kata Khair.

Jadwal pasar murah telah ditetapkan 12 Agustus - 2 September 2010.

Selain menggelar pasar murah, Disperindagkop Tabalong juga menggelar operasi pasar ke sejumlah pasar menyusul kenaikan harga beras hingga di atas normal.

"Bersama Bulog kami akan menggelar operasi pasar terkait dengan naiknya harga beras dalam satu bulan terakhir," tambahnya.

Sementara itu hasil pendataan Disperindagkop Tabalong menunjukkan harga kebutuhan pokok hingga 25 Juli 2010 terus naik diantaranya minyak tanah naik 10 persen, ayam ras 15 persen, ayam kampung 8 persen dan ikan asin 14 persen.

Minyak tanah yang sebelumnya Rp5.000 naik menjadi Rp5.500/liter, ayam ras naik menjadi Rp23 ribu dari Rp20 ribu/ekor dan ayam kampung menjadi Rp38 ribu dari Rp35 ribu/ekor.

Pewarta:

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2010