Banjarmasin  â€“ Terminal Penumpang Pelabuhan Trisakti Bandarmasih Banjarmasin menjadi tujuan kunjungan kerja Menteri Perhubungan Republik Indonesia  Ignasius Jonan di Kalimantan Selatan. 

“Saat ini kita berada dalam kondisi pengembangan infrastruktur maritim, tapi kita juga harus mengutamakan keselamatan,” kata Ignatius Jonan. 

Terminal Penumpang Bandarmasih menjadi tujuan Menteri Perhubungan Republik Indonesia  Ignasius Jonan beserta rombongan setelah meresmikan gedung administrasi unit penyelenggara Bandara kelas I utama Juwata Tarakan dan melakukan peninjauan kebeberapa pelabuhan seperti pelabuhan Tarakan Kalimantan Utara dan pelabuhan Semayang Balikpapan Kalimantan Timur (21/3).

Rombongan yang tiba di Bandara Syamsuddin Noor Banjarmasin, langsung menghadiri acara malam ramah tamah berserta unsur muspida Banjarmasin di Gedung Graha Abdi Persada. Menhub dan rombongan blusukan ke terminal penumpang Bandarmasih di dampingi lansung oleh Wakil Gubernur Kalsel Rudy Resnawan, Kepala KSOP Henry Tondung, Direktur Teknik dan Teknologi Informasi PT Pelindo III (Persero) Husien Latief, General Manager PT Pelindo III (Persero) Cabang Banjarmasin, serta Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Haris Bima Bayuseto  sekitar pukul 07.45 WITA.

General Manager PT Pelindo III Banjarmasin Hengki Jajang Herasmana mngatakan,“Tahun ini, Pelindo sudah memperluas lahan untuk penampungan container seluas 5.1 hektar, dan  untuk mendukung kegiatan operasional akan ada penambahan 4 unit Container Crane (CC),  6 unit Rubber Tyred Gantry (RTG) dan serta pengadaan 10 unit truck trailler.”  

Melihat kondisi dan keadaan di pelabuhan, menhub beserta rombongan blusukan di terminal penumpang Bandarmasih. Sebelum memasuki Terminal Penumpang, Menhub melewati mesin x-ray untuk dilakukan pemeriksaan oleh petugas security. 

Jonan juga mencoba langsung air siap minum (drinking water)salah satu fasilitas andalan yang disediakan oleh Pelindo untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada para penumpang. 

“Tahun depan pelindo akan membangun dermaga petikemas sepanjang 140 m setelah sebelumnya sudah dibangun dermaga petikemas 96 m,” tambah hengki kepada Menhub dan rombongan disela-sela kunjungannya.

PT Pelindo III (Persero) Cabang Banjarmasin adalah satu-satunya pelabuhan yang memperoleh dua penghargaan sekaligus pada acara Penganugerahan Penghargaan Pelayanan Prima Sektor Trasportasi Tahun 2014. Terminal Penumpang Bandarmasih Trisakti Banjarmasin memperoleh penghargaan untuk kategori Pelayanan Prima Utama dan Pusat Pelayanan Satu Atap (PPSA) Banjarmasin memperoleh Penghargaan untuk kategori Pelayanan Prima Madya.  Sebelumnya, Pelindo III Cabang Banjarmasin juga telah mendapatkan Penghargaan Pelayanan Prima Utama yaitu Terminal Penumpang Bandarmasih Trisakti Banjarmasin tahun 2012.

Selain itu, Direktur Teknik dan Teknologi Informasi PT Pelindo III Husien Latief menyampaikan pengembangan Pelabuhan Banjarmasin khususnya perluasan lahan yang diperkirakan beberapa tahun kedepan akan semakin meningkat. 
“Untuk menyeimbangkan laju perekonomian yang terjadi di Banjarmasin, kami juga harus mempersiapkan infrastruktur pendukung kegiatan operasional khususnya di pelabuhan”. papar Husein Latief.

Pewarta: Herry Murdy Hermawan

Editor : Abdul Hakim Muhiddin


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015