Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanah Laut (Dispusip Tala), Kalimantan Selatan dan Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan melakukan pembinaan terhadap komunitas literasi Kabupaten Tanah Laut, di Aula Kantor Dispusip Jalan A Syairani Kota Pelaihari, Rabu (19/5).

Peserta dari komunitas literasi di Tanah Laut itu terdiri dari Ikatan Penulis Tala, Inspiraslova Tanah Laut, Studi Penulisan Pemeranan dan Pertunjukan (SP3) Bati - Bati, Literasi Senja, Sanggar Lintang,  Sarekat Sejarah Tala dan Tanggui Seni dan Sastra.

Ketua Panitia Dahlia melalui Purnomo Widodo dari Kelompok Kerja Layanan Profesional (KKLP) Balai Bahasa Provinsi Kalsel mengatakan,  kegiatan itu merupakan implementasi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI melalui Balai Besar Bahasa dalam melakukan pembinaan kepada komunitas literasi salah satunya di Kabupaten Tanah Laut. 

"Bagi Tanah Laut, ini sudah rute keempat, dari tiga kabupaten lain," ujarnya.

Materi  diterima peserta secara umum terbagi dua, sebut dia, m diantaranya materi menulis dan membaca. 

"Peserta memiliki keinginan yang sama terhadap literasi dengan kemampuan dapat membuat tulisan,"ungkapnya. 

Lebih lanjut dia mengungkapkan,  tulisan tersebut akan diserahkan kepada Kemdikbud RI secara online, namun terlebih dahulu akan ada penghimpunan guna menjadi dokumentasi di website Balai Bahasa.  

Dia berharap, peserta setelah mendapatkan  materi, maka panitia akan melakukan evaluasi terlebih dahulu.

"Kita juga berharap peserta sudah memiliki kemampuan membaca dan menulis dengan menghasilkan yang baik,"tandasnya.
Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Tanah Laut dan Balai Bahasa Provinsi Kalimantan Selatan melakukan pembinaan terhadap komunitas literasi Kabupaten Tanah Laut, di Aula Kantor Dispusip Jalan A Syairani Kota Pelaihari, Rabu (19/5).Foto:Antaranews Kalsel/Diskominfo Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021