Bupati Balangan, Kalimantan Selatan, Abdul Hadi meminta agar dinas kesehatan menyiapkan dokter keliling untuk menjangkau desa-desa yang jauh dari fasilitas kesehatan masyarakat.

Hal itu disampaikan Hadi di Paringin Senin (17/5), saat melakukan inspeksi mendadak mengecek kehadiran aparatur sipil negara (ASN) saat masuk hari pertama usai libur panjang Lebaran Idul Fitri 1442 hijriah.

"Saya harap, dinas kesehatan melaksanakan program dokter keliling di Kabupaten Balangan," katanya.

Menurut Hadi, program dokter keliling ini dimaksudkan untuk berkeliling ke desa-desa merawat warga desa yang sudah tidak bisa ke rumah sakit atau sudah tidak mampu ke Puskesmas atau pergi ke dokter.

"Mulai hari ini, dinas kesehatan sudah harus mulai menyiapkan tenaga dokter di masing-masing puskesmas tiap kecamatan, mana yang dirasa kurang mungkin harus kita tambah," katanya.

Selain ke dinas kesehatan, bupati juga melakukan inspeksi mendadak kehadiran aparatur sipil negara (ASN) ke sejumlah dinas usai libur lebaran.

Menurut dia, tujuan utama inspeksi mendadak ini untuk menjalin silaturahim dan memberikan pengarahan untuk dinas yang dikunjungi serta mencek kehadiran para ASN usai libur lebaran.

"Saat melakukan sidak, hal yang pertama saya lihat yaitu kehadiran para ASN usai libur lebaran ini," katanya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Balangan Erwan Mega Karya Latif mengatakan pihaknya menyambut baik kunjungan dari orang nomor satu di Balangan tersebut.

"Kami bersyukur telah dikunjungi oleh Bupati Balangan, kali ini dalam hal inspeksi mendadak serta menjalin tali silaturahmi. Semoga kami selalu dikunjungi oleh kepala daerah, karena kami perlu arahan untuk menyesuaikan visi misi bupati." katanya.

Berdasarkan data, dari beberapa SKPD yang dikunjungi, tingkat kehadiran ASN rata-rata tingkat kehadiran adalah 75,78 persen dan tidak hadir 24,22 persen dengan keterangan tugas luar, sakit dan tanpa kabar.
 

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021