Bupati Banjar Saidi Mansyur meminta pemilihan kepala desa atau pembakal secara serentak di Kabupaten Banjar berjalan dengan baik dan lancar tanpa hambatan yang mengganggu jalannya demokrasi memilih pemimpin desa. 

"Harapan kami, pilkades serentak bisa berjalan dengan baik juga lancar dan diperlukan kesiapkan seluruh pihak untuk mendukung kelancaran agenda pemilihan pemimpin desa itu," ujarnya di Martapura, Senin. 

Pernyataan bupati itu disampaikan bupati didampingi Wakil Bupati Said Idrus Al Habsyie saat menghadiri rapat koordinasi mingguan dipimpin Sekretaris Daerah M Hilman diikuti kepala SKPD lingkup Pemkab Banjar. 

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Banjar Syahrialludin mengatakan, pilkades serentak dijadwalkan Senin 24 Mei 2021 dan 18 Mei 2021 masuk masa kampanye, 21-23 Mei masa tenang. 

"Sebanyak 140 desa yang tersebar pada 19 kecamatan akan menggelar pilkades diikuti 530 calon kepala desa dengan jumlah pemilih tetap sebanyak 153.951 yang menyalurkan hak suara pada 384," sebut kadis. 

Sementara, Dinas Kesehatan Banjar juga akan menyiapkan rapid antigen mendukung pilkades serentak melalui pusat kesehatan masyarakat terdekat dengan domilisi pemilih sehingga mereka bisa menyalurkan haknya. 

Rakor juga membahas pembelajaran tatap muka yang sudah siap mencapai 70 persen dan akan dilaksankan jika semua siap dan menerapkan protokol kesehatan ketat termasuk vaksinasi bagi tenaga pengajar atau guru. 

 

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021