Puluhan warga yang akan berwisata ke tempat wisata alam Loksado di Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS), Kalimantan Selatan, diputar balik oleh petugas karena masih tutup di hari terakhir libur Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah.

Kapolsek Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan Ipda Syahbana saat berjaga di lokasi wisata Loksado Kandangan, Minggu mengatakan, sebelum mereka diminta kembali ke rumah masing-masing, tim juga melakukan rapid test antigen secara acak kepada para pendatang tersebut.

"Hingga sekitar pukul 11:00 Wita, sebanyak 56 calon wisatawan yang dilakukan rapid test antigen dan hasilnya negatif," katanya.

Sebagaimanan diketahui, kabupaten dan kota di Kalsel memperketat pengawasan dan penjagaan lokasi wisata, terutama pada Minggu (16/5), yang menjadi hari terakhir libur lebaran.

Para calon wisatawan, diminta putar balik saat melintasi pos pemeriksaan atau cek point di Desa Lumpangi, menuju Loksado.

"Jadi pengendara kami hentikan dan kami suruh putar balik, setelah sebelumnya kami lakukan rapid test antigen," katanya.

Rata-rata warga beralasan tidak mengetahui ada penutupan lokasi wisata.
Petugas melakukan rapid test antigen kepada warga.

Sebelumnya, Kepala Bidang (Kabid) Pariwisata, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Disporapar) Kabupaten HSS Moh Zakir Maulidi mengatakan, pihaknya terus melakukan koordinasi dengan seluruh pihak terkait, tentang penutupan ini.

"Sampai saat ini tidak ada objek wisata yang buka, penutupan ini juga lebih kepada pembinaan dan untuk kepentingan yang lebih besar dalam menghindari kerumunan," katanya.

Menurut Zakir, rata-rata para pengelola cukup patuh dan sadar terhadap kebijakan tersebut, walaupun ada pengelola wisata mempertanyakan kebijakan penutupan tersebut tapi kemudian bisa memakluminya.

Diperkirakan, pada Minggu (16/5), beberapa warga akan mendatangi lokasi wisata di Kalsel, untuk mengisi hari libur terakhir lebaran.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021