Prajurit Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin melaksanakan latihan SAR dan Jarkaplid (Pengejaran, Penangkapan dan Penyelidikan) di Pos TNI AL Trisakti dan Perairan Barito Banjarmasin yang dipimpin langsung oleh Komandan Lanal Banjarmasin Kolonel Laut (P) Herbyantoko, M.Tr.Hanla.

Adapun sarana patroli yang digunakan antara lain 1 unit ( ), 2 unit speed patroli yang dilengkapi dengan peralatan pendukung lainnya.

"Kami ingin meningkatkan pengetahuan dan kemampuan prajurit tentang ( ) SAR dan Jarkaplid guna mendukung tugas pokok Lanal Banjarmasin," kata Herbyantoko.

Prajurit Pangkalan TNI AL (Lanal) Banjarmasin melaksanakan latihan SAR dan Jarkaplid. (ANTARA/Firman)


Skenario latihan meliputi teknik SAR bagaimana mengatasi dan menolong orang jatuh di laut, prosedur pelaksanaan jarkaplid antara lain pengejaran, penangkapan kapal yang baik dan benar pada saat kapal tersebut melakukan pelanggaran saat melintas serta dilanjutkan proses penyelidikan sesuai UU yang berlaku.

Berkaitan dengan hal tersebut, Danlanal menekankan kepada Prajurit tidak memandang latihan ini hanya sebagai kegiatan rutinitas. Namun ikut berperan secara aktif menyempurnakan tugas dan peran TNI Angkatan Laut dalam menghadapi ancaman yang selalu berkembang.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021