Tanjung,  (Antaranews Kalsel) - Pemerintah Kabupaten Tabalong, Kalimantan Selatan, menyusun pedoman program Gerakan Pembangunan Menuju Masyarakat Sejahtera (Gerbang Emas) guna mengurangi kesenjangan antar wilayah desa.

Kepala Bappeda Tabalong Erwan di Tanjung, Senin menjelaskan, buku pedoman program Gerbang Emas telah selesai dibuat dan sudah disampaikan ke seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) termasuk camat dan seluruh kepala desa.

"Pedoman umum serta petunjuk pelaksanaan dan teknis program Gerbang Emas sudah kita buat dan dalam waktu dekat secara fisik program ini akan kita luncurkan di 12 desa yang menjadi model," jela Erwan.

Tiap kecamatan telah ditetapkan satu desa menjadi model atau percontohan program Gerbang Emas yang menggunakan dana APBD kabupaten 2015.

Selain mengacu pada pedoman umum dan pedoman teknis yang telah disusun, tiap desa percontohan tambah Erwan harus membuat Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Desa lima tahunan, Rencana Strategis (Renstra) satu tahunan serta Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa.

Karena itu tiap desa akan didampingi sarjana pendamping guna membantu penyusunan dokumen RPJMD, APB Desa hingga perencanaan lainnya.

Sementara itu dalam pedoman umum program Gerbang Emas sasaran pelaksanaan mencakup terbangunnya sarana prasarana dasar seperti transportasi produksi dan pemasaran pertanian, air bersih, sanitasi dan pendidikan.

Sasaran lainnya meningkatkan kapasitas pemerintah desa dalam berperan sebagai fasilitator pelaksanaan pembangunan serta meningkatkan usaha ekonomi masyarakat.

Sedangkan penerima manfaat program Gerbang Emas ungkap Erwan selain masyarakat desa termasuk lembaga kemasyarakatan yang ada di desa dan pemerintah desa serta aparaturnya.

Data di Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Tabalong, 12 desa yang menjadi model program gerbang emas yakni Desa Harus Kecamatan Muara Harus, Desa Pudak Setegal Kecamatan
Kelua, Desa Padang Panjang Kecamatan Tanta, Desa Hapalah Kecamatan Banua Lawas, Desa Sei Rukam 2 Kecamatan Pugaan, Desa Jaro Kecamatan Jaro dan Desa Juai Kecamatan Tanjung.

Desa Kapar Kecamatan Murung Pudak, Desa Santuun Kecamatan Muara Uya, Desa Masingai 2 Kecamatan Upau, Desa Nawin Kecamatan Haruai dan Desa Argomulya Kecamatan Bintang Ara.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015