Pelaihari, (AntaranewsKalsel) - Kepala Dinas Pertambangan dan Energi Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, HM Hanil mengatakan, pihaknya mengusulkan sebanyak 600 rumah tangga sasaran (RTS) di tiga kecamatan mendapatkan listrik rumah pada tahun 2015.

"Untuk usulan listrik murah bagi warga RTS sudah kita sampaikan ke Dinas Pertambangan Kalsel. Saat ini kita menunggu verfikasi dari tim provinsi," ujarnya di Pelaihari (65 kilometer timur Banjarmasin), Kamis.

Menurut dia, dari hasil verfikasi nanti, baru diketahui berapa warga RTS yang akan mendapatkan listrik murah, namun demikian pihaknya tetap berharap 600 warga terpenuhi.

"Kita berharap 600 warga RTS yang sudah diusulkan tersebut, semuanya mendapatkan jatah listrik murah," terangnya.

Ia mengatakan, program listrik murah bagi rumah tangga sasaran sangat membantu, karena tanpa adanya program tersebut RTS sulit mendapatkan listrik.

"Biasanya RTS yang mendapatkan listrik murah tersebut karena kondisi ekonomi mereka masih pas-pasan dan tempat tinggal mereka memang ada jaringan listrik," katanya.

Dia mengemukakan, pada tahun 2014, Distamben Tanah Laut (Tala) mengusulkan sebanyak 1.700 warga masuk dalam kategori RTS, dari usulan tersebut terealisasi sebanyak 1.183 RTS di enam kecamatan.

"Lima kecamatan yang dapat listrik murah tahun 2014 itu adalah, Kecamatan Bumi Makmur, Kurau, Panyipatan, Kintap, dan Kecamatan Jorong," ungkapnya.

Kemudian, kata dia, dengan terakomodasinya usulan listrik murah di Kabupaten Tanah Laut, maka warga yang masuk dalam kategori rumah tangga sasaran dapat menikmati listrik.

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015