Kepolisian Resor Tanah Laut, Kakimantan Selatan menggelar apel  Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2021, di Halaman Mapolres Tala Jalan Kemakmuran Kota Pelaihari, Rabu (5/5).

Bupati Tanah Laut HM Sukamta selaku pembina pada apel tersebut menyampaikan amanat Kapolri Jenderal (Pol) Listyo Sigit Prabowo M mengatakan, kasus COVID-19 saat ini patut diwaspadai karena  berkaca pada gelombang penyebaran COVID-19 yang terjadi di luar negeri. 

Sebagai contoh di India, sebut dia, terjadi penambahan kasus baru hingga mencapai 400 ribu kasus dan angka kematian mencapai 3.500 kasus dalam sehari. 

Hal itu, jelas dia,  disebabkan karena kelengahan masyarakat terhadap protokol kesehatan. 

Menyikapi hal itu, ungkap dia,  Indonesia tidak boleh lengah terlebih dengan adanya varian baru COVID -19 dari sejumlah negara yang masuk ke Indonesia seperti B117 asal Ingris, B.1.617 asal India maupun B1.351 asal Afrika Selatan. 

Sukamta berharap,  kepada masyarakat Tanah Laut  agar tetap menjadi teladan bagi keluarga, rekan dan masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan demi mencegah penyebaran COVID-19, yaitu dengan rutin mencuci tangan, memakai masker, menjaga jarak, serta menerapkan pola hidup sehat dan bersih.

Sementara itu, Kapolres Tala AKBP Cuncun Kurniadi usai pelaksanaan apel menyatakan siap melaksanakan instruksi Kapolri dan berupaya memastikan penerapannya di Kabupaten Tanah Laut,  termasuk mengatasi gelombang pengunjung wisata yang berpotensi berdatangan ke Tanah Laut. 

Hal itu, ungkap dia,  karena Kabupaten Tanah Laut memiliki potensi wisata yang selalu menjadi daya tarik pengunjung, sehingga keputusan tegas terkait penutupan destinasi wisata di Tanah Laut akan berlaku.

"Ya, kami akan tutup lokasi wisata di Tanah Laut," ucapnya.

Penutupan seluruh lokasi wisata itu, terang dia, akan diberlakukan pada H-1 Hari Raya Idul Fitri hingga 17 Mei 2021. 

"Pengunjung yang nekat akan menerima konsekuensi langsung. Kalau ada yang datang berkunjung ke lokasi wisata, kami minta putar balik," tegasnya.

Lebih lanjut dia mengemukakan, Polres Tala akan membangun posko terpadu di empat lokasi   diantaranya di Posko Simpang Tiga Bentok Kecamatan Bati - Bati, Posko di Kecamatan Kintap, Posko di Wisata Pantai Takisung dan Posko di Pantai Batakan.

Pokso Terpadu itu, terang dia,  berada di Simpang Tiga Bentok dan Kecamatan Kintap, salah satu fungsinya  akan melakukan pemeriksaan pengguna jalan.

Sedangkan Posko di Pantai Takisung dan Pantai Batakan, tambahnya lagi,  terkait larangan ke lokasi wisata.
Bupati Tanah Laut HM Sukamta pimpin apel  Pasukan Operasi Ketupat Tahun 2021, di Halaman Mapolres Tala Jalan Kemakmuran Kota Pelaihari, Rabu (5/5).Foto:Antaranews Kalsel/Diskominfo Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021