Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan melakukan giat razia barang makanan dan minuman kadaluarsa yang berada di pasar moderen jelang Idul Fitri 1442 hijrah.

Pejabat Wali Kota Banjarmasin Akhmad Fydayeen di Banjarmasin, Selasa, mengatakan, gelar razia yang dilaksanakan dirinya langsung di temani jajaran Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Banjarmasin hari ini untuk memastikan barang makanan dan minuman yang beredar di toko dan  pasar modern saat ini aman dan higienis.

Pasalnya, kata Akhmad Fydayeen, pembelian kebutuhan makanan dan minuman menjelang hari Raya Idul Fitri ini sangat tinggi.

"Jadi kita pemerintah harus memastikan barang-barang yang beredar saat ini aman dan higienis, tidak ada yang kadaluarsa, karena berbahaya bagi kesehatan," papar Akhmad Fydayeen.

Dalam inspeksi pihaknya di pasar moderen yang besar di kota ini, salah satunya di Hypermart Duta Mall Banjarmasin.

Dia mengungkapkan barang yang dijual di Hypermart tersebut mempunyai satu sistem dan filter yang bagus untuk pengecekkan barang yang kadaluarsa atau tidak kadaluarsa.

"Alhamdulillah, Pemerintah Kota berterimakasih dalam menjaga kesehatan masyarakat, salah satunya dengan memberikan atau menjual barang-barang yang memang bagus untuk dijual," tuturnya.

Dia meminta semua toko dan pasar moderen juga pasar tradisional agar setiap bahan makanan yang sudah mendekati masa kadaluarsanya untuk dikembalikan kepada distributor guna diganti barang baru, agar jangan sampai dijual ke masyarakat. 

Pihaknya pun meminta Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) juga terus intensif melakukan pengawasan terhadap barang-barang yang beredar saat ini, sehingga tidak ada barang yang sudah kadaluarsa terkonsumsi masyarakat.

"Masyarakat pun kami minta agar betul-betul melihat dan meneliti barang makanan dan minuman yang mau dibeli, jangan sampai lengah, hingga mengancam kesehatan," pungkasnya.

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021