Sekretaris Daerah (Sekda) Hulu Sungai Selatan (HSS) HM Noor mengikuti Rapat Koordinasi (Rakor) penanganan COVID-19 seluruh kepala daerah se Indonesia secara virtual, dari ruang media center Sekretariat Daerah (Setda) Pemerintah Kabupaten (Pemkab) HSS.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian, mengatakan masyarakat harus belajar dari kasus COVID-19 yang terjadi di India kian melonjak. Ia menuturkan masyarakat India lengah, karena euforia atas melandainya kasus penularan COVID-19 dengan melakukan aktivitas mengabaikan protokol kesehatan.

"Dalam rakor ini kami juga menyampaikan beberapa arahan Presiden RI Joko Widodo, khususnya yang terkait dengan potensi penyebaran COVID-19 yang harus terus diwaspadai, dan meminta agar masyarakat untuk tidak lengah dalam menerapkan protokol kesehatan," katanya, Senin (3/5).

Baca juga: HSS's Forkopimda, MUI get first COVID jabs

Dijelaskan dia, semua pihak tanpa terkecuali untuk bersatu dalam mengampanyekan dan menjalankan protokol kesehatan, apalagi libur panjang Lebaran tahun ini. Menurut dia, penerapan protokol kesehatan tetaplah cara utama dalam menekan penyebaran COVID-19, meskipun saat ini program vaksinasi tengah dijalankan.

Sekda HSS HM Noor, mengatakan rakor hari ini dengan mendengarkan arahan dari Mendagri, Panglima TNI, Kapolri, Kementerian Kesehatan, Kemenag, dan Badan Intelijen Dalam Negeri.

"Ada dua yang ditekankan hari ini, yang pertama adalah agar pemda melaksanakan yang diarahkan semua jajaran pusat. Yang kedua adalah diinstruksikan kepada pemda agar melaksanakan rakor satgas COVID-19," katanya.

Baca juga: MUI HSS imbau warga shalat Idul Fitri di rumah saja

Menurut dia, sebenarnya Pemkab HSS sudah menindaklanjuti ini, karena dari minggu kemarin sudah dilaksanakan rapat koordinasi satgas COVID-19 di Kabupaten HSS.

Intinya pihaknya tetap melakukan pengetatan untuk menghadapi Hari Raya Idul Fitri atau lebaran tahun 2021 dan juga pelarangan mudik. Dan sudah ditindaklanjuti oleh jajaran baik Polres, Kodim dan lainnya.

Rakoor juga diikuti Kasatpol PP H. Iwan Friady, Kepala Pelaksana BPBD H. Syamsudin, dan Kabid Keselamatan Sarana dan Prasarana Transportasi Dishub H. Dedy Hamdani.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021