Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, melakukan pembinaan kepada masyarakat kecamatan "Bumi Bersujud" untuk tetap menjalankan protokol kesehatan dimasa pandemi COVID-19.

Kepala Diskominfo Tanah Bumbu Ardiasnyah, di Batulicin Sabtu mengatakan, pembinaan, monitoring dan evaluasi dilakukan atas instruksi Bupati Bumbu H. M Zairullah Azhar untuk menekan lajunya penyebaran kasus tersebut di Kabupaten tersebut.

"Ini memang sudah menjadi kewajiban Dinas Kominfo untuk memberikan pembinaan dan informasi terkait COVID-19. Dan desa pertama yang dikunjungi yaitu Desa Satui Timur Kecamatan Satui selanjutnya di desa lain di seluruh Kabupaten Tanah Bumbu," katanya.

Dia mengatakan, pembinaan dilakukan agar masyarakat benar-benar dapat menjalankan protokol kesehatan dengan seing melakukan cuci tangan setelah melakukan aktifitas baik di rumah maupun di luar rumah.

Mamaikai masker dimanapun dan kemanapun, menjaga jarak atau menghindari kontak fisik dengan orang lain, menjauhi kerumunan dan mengurangi mobilisasi atau keluar rumah.

"Jika tidak terlalu penting jangan keluar rumah untuk menghindari dan tidak terpapar COVID-19," ujarnya.

Dijalsakan Ardiansyah, hingga saat ini kasus COVID-19 di Tanah Bumbu yang terkonfirmasi mencapai 2.670 kasus, yang menjalani perawatan 98 orang, yang sudah sembuh 2.494 orang, meninggal dunia 78 orang.

Terperinci, warga Kecamatan Simpang Empat yang terkonfirmasi COVID-19 mencapai 786 orang, yang meninggal 30 orang, sembuh 724 orang, yang menjalani perawatan 32 orang.

Kecamatan Karang Bintang terkonfirmasi 60 orang, meninggal dunia empat orang, sembuh 55 orang dan menjalani perawatan satu orang.

Kecamatan Batulicin yang terkonfirmasi 242 orang, meninggal dunia empat orang, sembuh 233 orang, menjalalani perawatan lima orang.

Kecamatan Kusan Hilir terkonfirmasi 169 orang, eminggal tujuh, sembuh 152, menjalani perawatan 10 orang. Kecamatan Kusan Tengah terkonfirmasi 68 orang, menimnggal satu, sembuh 64, perawatan tiga.

Kecamatan Sungai Loban terkonfirmasi 162, meninggal delapan, sembuh 152, perawatan dua, Kecamatan Mentewe terkonfirmasi 57 orang, meninggal dua, sembuh 54, menjalani perawatan satu. Kecamatan Teluk Kepayang terkonfirmasi 233, meninggal dunia satu, sembuh 231 dan perawatan satu.

Kecamatan Kusan Hulu, 63 yang terkonfirmasi, 52 sembuh, 11 perawatan. meninggal dunia 0. Kecamatan Kuranji terkonfirmasi 31, eminggal duani satu orang, sembuh 30 orang.

Kecamatan Angsana terkonfirmasi 469, delapan orang meninggal dunia, 449 sembuh, 12 perawatan. Kecamatan Satui 330 terkonfirmasi, 12 meninggal, 298 sembuh dan 20 perawatan.

"Kami sangat berharap, seluruh masyarakat agar turut berperan aktif dan disiplin menerapkan protokol kesehatan dalam melakukan aktivitas keseharian. Sehingga mampu membantu pemerintah dalam menekan angka dan meminimalisir kasus terkonfirmasi COVID-19," pungkasya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021