Bupati Tanah Laut, Kalimantan Selatan HM Sukamta bersama Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) menghadiri Peringatan Hari Otonomi Daerah ke XXV secara virtual,  di Aula Barakat Lantai II Setda Tala Jalan A Syairani Kota Pelaihari, Senin (26/4).

Wakil Presiden RI KH. Ma'ruf Amin beserta Menteri Dalam Negeri RI Tito Karnavian memimpin langsung Peringatan Hari Otonomi Daerah tersebut diikuti Forkopimda Tingkat Provinsi dan Kabupaten atau Kota se-Indonesia secara virtual.

Usai peringatan otonomi daerah, Sukamta menyampaikan ucapan selamat memperingati Hari Otonomi Daerah ke- 25. 

Sukamta juga menambahkan telah mendapat arahan dari Mendagri RI, jika otonomi daerah lahir untuk daerah dengan tujuan agar mampu membiayai daerah sendiri, baik itu dari kucuran dana pusat, pendapatan daerah, maupun BUMD. 

Selain itu, sebut dia, adanya otonomi daerah untuk mempercepat pelayanan kepada masyarakat. 

Otonomi daerah juga, jelas dia,  diharapkan dapat memacu lahirnya inovasi, agar daerah memiliki cara untuk memajukan daerah.

Namun, tidak kalah penting, terang dia,  keberadaan kepala daerah untuk memaksimalkan potensi yang ada di daerahnya masing-masing.

"Inilah disinteralisasi daerah yang diberikan oleh pemerintah pusat, sehingga inovasi, deskresi dan dispresi perlu diciptakan oleh daerah," ungkapnya.

Salah satu inovasi itu, papar dia, bagaimana kepala daerah menarik investor untuk turut serta membangun Kabupaten Tanah Laut, agar terjadi peningkatan ekonomi bagi daerah itu sendiri tak terkecuali masyarakat.

Turut hadir di acara itu, Ketua DPRD Tala Muslimin, Perwakilan Kodim 1009 Pelaihari, Perwakilan Polres Tala, Perwakilan Kejaksaan Negeri Tala, Asisten Bidang Pemerintahan Setda Tala Bambang Kusudarisman dan Kepala Bagian Tata Pemerintahan M Syahid. 

 

Pewarta: Arianto

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021