Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, H. Zairullah Azhar mengikuti arahan dari Wakil Presiden Republik Indonesia Ma'ruf Amin terkait otonomi daerah secara virtual di ruang LDR kantor Bupati setempat.

"Acara tersebut juga diikuti oleh Gubernur, Walikota dan Bupati se Indonesia," kata Bupati di Batulicin Selasa.

Dia menjelaskan dalam sambutan wapres, pemerintah daerah harus mampu membangun semangat kerja, serta gelorakan semangat gotong royong dimasa pandemi untuk mewujudkan masyarakat yang sehat, ekonomi bangkit dan Indonesia maju.

Untuk membangun tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratis dan terpecaya, menjadi syarat utama terwujudnya tujuan ekonomi daerah.

Peningkatan kesejahteraan rakyat melalui peningkatan kualitas pelayanan publik dan peningkatan daya saing, kreatifitas, serta inovasi yang mengandalkan kekhasan daerah.

"Saya juga sampaikan apresiasi kepada Kementerian Dalam Negeri dan seluruh kepala daerah atas kontribusinya dalam pelaksanaan ini," katanya.

Menurut dia, peringatan hari otonomi daerah merupakan momentum yang tepat untuk melihat kembali dinamika dan tantangan yang dihadapi pemerintah dimasa yang akan datang.

"Kebijakan pemerintah daerah dimaknai sebagai mekanisme penyelenggaraan pemerintahan dengan memindahkan lokus pemerintahan disertai dengan kewenangan khusus dan mengatur urusan-urusan tertentu secara mandiri," pungkasnya

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021