Batulicin,  (AntaranewsKalsel) - Pemerintah Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan, mulai APBD 2015 meningkatkan Pendapatan Asli Daerah, dengan memaksimalkan menggarap potensi daerah, terutama galian C.

Sekertariat Daerah Kabupaten Tanah Bumbu Said Ahmad, di Batulicin, Senin, mengatakan, masih banyak potensi Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang masih belum digarap dengan sungguh-sungguh.

"Selain perusahaan tambang batu bara, tambang bijih besi maupun pendapatan dari sektor perkebunan juga masih banyak potensi-potensi lain yang belum tergali dengan maksimal untuk memberikan kontribusi terhadap PAD, salah satunya pertambangan galian C," ujarnya.

Menurut dia, pendapatan dari galian C tersebut masih sangat minim, sementara itu aktivitas pihak yang melakukan kesploitasi sangat luar biasa.

Selain galian C, lanjut Said Ahmad, PAD dari Izin Mendirikan Bangunan (IMB) juga perlu di optimalkan, karena hingga saat ini masih banyak warga yang nmendirikan serta menambah bangunan tanpa memiliki IMB.

"Karena masih banyak masyarakat tidak taat terhadap aturan tersebut, kami akan memberikan ketegasan terhadap pemberlakukan IMB melalui Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang terkait," imbuhnya.

Sekda juga berencana akan memperluas jangkaua pemungutan pendapatan, serta menekan angka tunggakan pajak dan retrebusi.

Ia berharap, SKPD terkait mampu melakukan terobosan dan inovasi baru agar bisa melakukan peningkatan PAD, dengan tidak hanya mengandalkan pendapatan dari perusahaan tambang dan perkebunan saja.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015