Dinas Sosial Kabupaten Balangan membentuk program pemberdayaan untuk anak remaja putus sekolah dan kelompok usaha bersama (KUB) guna meningkatkan dan mensejahterakan perekonomian masyarakat di Balangan.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Balangan Ribowo di Paringin Jumat mengatakan, bahwa pihaknya akan membantu masyarakat dalam meningkatkan perekonomian dengan cara membentuk suatu kelompok usaha bersama yang akan dinaungi oleh Dinas Sosial Kabupaten Balangan 

"Kami akan membantu masyarakat yang memiliki produksi dan memiliki kekurangan untuk keperluan menjalankan suatu usahanya dengan cara mengajukan proposal kepada Dinas Sosial, dan akan kami ajukan pada anggaran berikutnya," kata Ribowo saat ditemui di ruangannya.

Selanjutnya, pihaknya juga akan memberikan pembinaan kepada kelompok usaha bersama dengan cara memberikan edukasi serta sosialisasi bagaimana cara menjalankan usahanya tersebut.

Selain itu, ungkapnya, program untuk anak-anak remaja yang putus sekolah juga menjadi salah satu program dari dinas sosial dengan cara mengikutkan pelatihan ke Panti Sosial Bina Remaja (PSBR) yang ada di provinsi.

"Hal tersebut bertujuan agar anak-anak yang terlantar dalam artian putus sekolah dan tidak bekerja, agar tidak terjerumus dalam hal-hal negatif seperti narkoba. Maka kami ikutkan dalam pelatihan Panti Sosial Bina Remaja (PSBR)," ungkapnya.

Di sana, terang Ribowo, mereka akan dilatih selama enam bulan dan setelah pulang mereka akan mendapatkan permodalan berupa alat dari jurusan yang mereka ambil, contohnya seperti jurusan menjahit akan mendapatkan mesin jahit.

Terakhir, ia berharap dengan adanya program-program ini akan sangat membantu masyarakat dari segi perekonomian dan mengurangi angka pengangguran yang ada di Kabupaten Balangan.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021