Pemerintah Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan menyiapkan pembangunan instalasi farmasi kesehatan dari Dana Alokasi Khusus (DAK) sebesar Rp7 miliar pada 2021.

"Rencananya dibangun di Jalan Lingkar Dalam, Kelurahan Kelayan Timur, Banjarmasin Selatan," ungkap Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan, Doyo Pudjadi di Balaikota, Kamis.

Doyo menyampaikan hal tersebut dalam ekspos pembangunan instalasi farmasi dan puskesmas Sungai Andai di Banjarmasin Utara pada tahun ini.

Menurut dia, khusus pembangunan gedung instansi farmasi kesehatan tersebut sudah tersedia lahan sekitar 7.000 meter persegi.

"Pembangunan ini dari DAK fisik kefarmasian Kementerian Kesehatan RI tahun 2021," tutur Doyo.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kota Banjarmasin Machli Riyadi mengatakan, penambahan jumlah instansi farmasi kesehatan tersebut berdasarkan rekomendasi dari laporan hasil evaluasi Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Perwakilan Provinsi Kalsel.

Di mana BPKP menyebutkan, ujar Machli Riyadi, kurangnya kapasitas instalasi farmasi sehingga tidak mampu menampung seluruh obat yang disimpan dan mengakibatkan penyimpanan obat-obatan menjadi tidak standar.

"Jadi tujuan pembangunan ini untuk meningkatkan kapasitas sarana pengelola ketersediaan farmasi dan alat kesehatan di Banjarmasin," paparnya.

Terkait pembangunan puskesmas di Kelurahan Sungai Andai juga pada tahun ini, Machli Riyadi menyatakan, pastinya diwujudkan karena sudah sangat dinanti oleh masyarakat di sana.

Menurutnya, selain diharapkan oleh masyarakat, pembangunan puskesmas tersebut nantinya bisa mengurangi rasio penduduk di wilayah kerja Puskesmas Sungai Jingah, yang sebagaimana diketahui saat ini juga turut melayani masyarakat Kelurahan Sungai Andai. 

"Puskesmas Sungai Jingah ini jumlah penduduk wilayah kerjanya sudah 61 ribu, padahal idealnya satu puskesmas itu rasio berdasarkan Permenkes itu perbandingannya adalah 30 ribu jiwa untuk satu puskesmas, kalau dibangun Puskesmas Sungai Andai ini seimbang jadinya," tutur Machli Riyadi.

Puskesmas Sungai Andai akan dibangun dengan konstruksi dua lantai di atas lahan seluas kurang lebih 3250 meter persegi yang terletak di Jalan Kayu Manis, Sungai Andai.

"Untuk pembangunan puskesmas ini sudah dianggarkan juga Rp7 miliar," pungkasnya.

 

Pewarta: Sukarli

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021