Pelantikan Dewan Pengurus Cabang (DPC) Forum Komunikasi Pondok Pesantren HSS (DPC FKPP HSS) periode 2020-2024 dilantik Kepala Kantor Kementerian Agama HSS, di Aula Pondok Pesantren Al Baladul Amin Desa Mandala, Kecamatan Telaga Langsat.

Wakil Bupati HSS Syamsuri Arsyad, di Telaga Langsat, Senin (12/4), mengucapkan selamat kepada DPC  FKPP Kab.HSS periode 2020-2024 yang telah dilantik, pihaknya menyambut baik dengan adanya pelantikan tersebut.

"Kegiatan ini akan menjadi titik tolak sekaligus dasar bagi para pengurus FKPP HSS periode 2020-2024 untuk mulai melaksanakan tugas dan fungsinya, sehingga ke depan peranan pesantren akan semakin dapat dirasakan dalam pembangunan daerah," katanya, dalam sambutan mewakili Bupati HSS H Achmad Fikry.

Baca juga: Bupati HSS resmikan bangunan Ponpes Kandangan

Dijelaskan dia, selaras dengan visi pembangunan untuk mewujudkan Kabupaten HSS yang agamis serta mewujudkan kesejahteraan dunia dan akhirat, sehingga peranan pondok pesantren baik secara langsung maupun tidak langsung, baik melalui para santri maupun para alumni nya, dapat lebih ditingkatkan.

Pondok pesantren diharapkan semakin maju dan berkembang, tentunya dengan tetap mempertahankan nilai-nilai keagamaan. Di sinilah peranan DPC FKPP HSS untuk terus menjadikan pondok pesantren sebagai garda terdepan umat mengatasi akibat buruk modernisasi.

Pimpinan Pondok Pesantren Al Baladul Amin yang juga sekaligus Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) HSS TGH. Muhammad Riduan Baseri (Guru Kapuh), mengatakan dengan adanya jenjang ini, semoga organisasi semakin solid karena hubungannya langsung ke Menteri Agama.

"Tugas kawan-kawan di FKPP ini sangat berat, karena tugas kita adalah bagaimana supaya memajukan Pondok Pesantren di Kabupaten HSS secara khusus, dan memajukan Pondok Pesantren secara umum di Indonesia," katanya.

Baca juga: Tradisi jelang Ramadhan, Bupati HSS kembali kunjungi Guru Kapuh

Sementara itu, Kepala Kantor Kementerian Agama HSS H. Saribuddin, mengatakan dengan terbentuknya DPC FKPP HSS sangat membantu bagi Kementerian Agama.

Menurut dia, pondok pesantren tersebar di Kabupaten HSS dan ini merupakan potensi, baik dalam hal pendidikan keagamaan, pendidikan umum, dan ini menjadikan pondok pesantren berkembang di HSS dan agar FKPP ini tidak jalan di tempat.

Turut hadir, Perwakilan Kemenag Provinsi Kalimantan Selatan, Ketua FKPP Provinsi Kalsel beserta pengurus, serta pengurus FKPP Kabupaten HSS yang dilantik dan dikukuhkan.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021