Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS) H Achmad Fikry meresmikan hasil pembangunan di lingkungan Pondok Pesantren (Ponpes) Dalam Pagar (Dalpa) Kandangan.

Pengasuh Ponpes Dalpa, Guru Syairazi, di Kandangan, Jum'at (9/4), mengatakan dirinya bersama jajaran dan seluruh santri dan santriwati sangat merasa gembira dengan kehadiran Bupati HSS kali ini.

"Acara ini tanda syukur sekaligus ucapan terimakasih kepada Bupati HSS H. Achmad Fikry yang telah memberikan hibah sekolah kepada ponpes, di mana sekarang digunakan untuk ruang belajar dan asrama untuk santriwati" katanya.

Dijelaskan dia, berkat hibah yang diberikan Bupati HSS kepada ponpes, proses pembelajaran dan juga aktivitas dalam meneruskan perjuangan, syariat ataupun risalah Nabi Besar Muhammad SAW di Pondok menjadi semakin nyaman dan mudah.

Sekarang bangunan yang lama sudah direnovasi menjadi dua buah bangunan tiga lantai, dengan total 24 ruangan yang dimanfaatkan untuk ruang belajar santriwati dan juga asrama.

Phaknya juga membangun pendopo serbaguna dan juga tempat MCK, kamar mandi dan juga tempat wudhu yang mana dananya berasal dari bantuan Pemkab HSS.

Bupati HSS H. Achmad Fikri, mengatakan pihaknya dari pemerintah daerah merasa sangat terbantu adanya Ponpes Dalpa, terutama untuk mencapai visi misi HSS  cerdas, inovatif, teknologis dan agamis untuk terwujudnya kesejahteraan dunia akhirat.

"Untuk kebahagiaan dunianya pemda bisa lebih banyak campur tangan, tapi pada posisi untuk kebahagiaan akhirat ini kami sangat berharap peran ponpes, majelis ta'lim atau zikir yang bisa mengawal masyarakat  untuk bekal akhirat," katanya.

Menurut dia, ikut bersyukur karena perkembangan di Ponpes Dalpa Kandangan terlihat sudah sangat pesat, dengan tersedianya sarana prasarana yang telah disediakan untuk para santri dan santriwatinya.

Dalam waktu dekat ini melalui Dinas PUTR dan Dispera KPLH akan kembali melakukan kunjungan ke Ponpes Dalpa dalam rangka melakukan survei, guna pembangunan drainase serta sarana prasarana dan Utilitas (PSU) penunjangnya.

Pewarta: Fathurrahman

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021