Tanjung,  (Antaranews Kalsel) - Bupati Tabalong, Kalimantan Selatan, Anang Syakhfiani menyampaikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2015-2019 sebagai dasar pelaksanaan pembangunan di wilayah ini.


"Sebagai dasar pelaksanaan pembangunan RPJMD 2015-2019 telah disusun dengan beberapa program prioritas guna mewujudkan kehidupan masyarakat yang agamis, meningkatkan kesejahteraan serta mewujudkan kemandirian dengan membangun potensi sumber daya," kata Anang di Tanjung, Selasa.

Pemaparan RPJMD 2015-2019 disampaikan Anang dalam rapat koordinasi lengkap bersama unsur TNI, Polri, kejaksaan, pengadilan, instansi vertikal dan swasta di Pendopo Bersinar Pembataan.

Di dalam RPJMD 2015-2019, Anang mengungkapkan, tahun 2015 merupakan tahun kelembagaan dan penataan menyusul terbentuknya peraturan daerah tentang Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) baru.

"Kita ingin melakukan penataan salah satunya peningkatan Indeks Pembangunan Manusia agar berada diposisi tengah karena sebelumnya IPM Tabalong masih peringkat ke-10 dari 13 kabupaten dan kota di Kalsel," kata Anang lagi.

Upaya peningkatan IPM yang ditargetkan 72,65 pada 2015 diantaranya penyediaan pendidikan dan pelayanan kesehatan yang murah dan berkualitas serta pembinaan olahraga serta pengembangan seni budaya.

Sedangkan perkuatan perekonomian dan kemandirian daerah yang dituangkan dalam RPJMD 2015-2019 mencakup program Gerbang Emas di 12 desa, beras gratis, pelatihan tenaga kerja dan reformasi birokrasi.

Sementara itu, dalam rapat koordinasi lengkap tersebut hadir pula ketua DPRD Tabalong, Darwin Awi, Dandim 1008/Tanjung, Letkol Rudy Saladin serta jajaran Kejaksaan Negeri dan Pengadilan Negeri Tanjung.

Hadir pula perwakilan dari instansi vertikal seperti Badan Pusat Statistik, Kantor Pertanahan Nasional Tanjung dan manajemen perusahaan pertambangan hingga perkebunan di Tabalong.

Selain mendengarkan pemaparan Bupati terkait RPJMD 2015 - 2019, rakor juga diisi dengan penjelasan dari Ketua Dewan, Dandim 1008/Tanjung dan penyampaian program pembangunan sejumlah SKPD di lingkungan Pemkab Tabalong.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015