125 siswa SLTA se-Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan mengikuti seleksi calon anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Tanah Laut Tahun 2021, Senin (5/4).

Seleksi dilaksanakan selama tiga hari sejak Senin 5 April sampai  Rabu 7 April 2021, di Aula SKB Pelaihari. 

"Peserta ikut seleksi tersebut sebelumnya telah lolos tahap seleksi administrasi,"ujar Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Tanah Laut  Lutfiati Uyun. 

Menurut Lutfiati Uyun, selama mengikuti seleksi para peserta  akan diinapkan di Balai Diklat BKPSDM Kabupaten Tanah Laut Jalan Hutan Kota Pelaihari.

"Para peserta nanti akan kita inapkan, karena fisik dan konsentrasi para peserta harus benar-benar terjaga," ungkap Uyun. 

Dia menjelaskan,  dari 125 peserta  mengikuti seleksi akan diambil sebanyak 39 peserta yang akan lolos untuk kemudian akan diberikan pendidikan dan pelatihan (diklat) jelang HUT ke-76 Kemerdekaan Republik Indonesia, pada 17 Agustus 2021 mendatang. 

"Dari 39 peserta itu akan kita ambil lagi empat orang terbaik akan diikutkan seleksi ditingkat provinsi," terang Uyun.

Uyun berharap,  para peserta yang terpilih adalah,  benar-benar berkompeten sesuai arahan Bupati Tanah Laut. 

"Mudah-mudahan peserta terpilih bisa mengikuti diklat dan melaksanakan tugasnya dengan baik, pada HUT Kemerdekaan Republik Indonesia di Kabupaten Tanah Laut," tandasnya. 

Kemudian, papar dia, tahapan seleksi Paskibraka Tanah Laut tahun 2021 yang digelar selama tiga hari tersebut adalah,  tes kesehatan,  tes tertulis, wawancara, kesamaptaan, tes baris berbaris dan penilaian panitia penentu akhir (pantukhir). 

"Seleksi tersebut juga melibatkan TNI, Polri, Kementerian Agama Kabupaten Tanah Laut, DP2KBP3A Tanah Laut, Disdikbud Tanah Laut,  Politeknik Negeri Tanah Laut,  LPAI Kalsel serta dibantu Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Provinsi Kalimantan Selatan dan Kabupaten Tanah Laut,"pungkasnya. 

 

Pewarta: Arianto

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021