Polresta Banjarmasin dibantu Unit Gegana Brimob dan Unit K9 Satwa Ditsabhara Polda Kalsel melakukan sterilasasi terhadap sembilan gereja yang digunakan untuk perayaan Paskah 2021.

"Sterilisasi kami lakukan pada Kamis pagi dan malam serta Jumat (3/4) pagi terhadap sembilan gereja yang digunakan untuk perayaan Paskah 2021," ucap Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan di Banjarmasin, Kamis.

Dikatakan dia, kegiatan sterilisasi itu dimaksudkan agar tempat ibadah tersebut dipastikan aman dan umat kristiani yang melaksanakan perayaaan Paskah menjadi nyaman.

Sterilisasi dilakukan di dalam maupun di luar gereja dan pasukan Gegana memeriksa menggunakan alat pendeteksi bom atau benda berbahaya.

Selain itu Unit K9 Satwa juga menurunkan beberapa anjing pelacak untuk mencium benda benda yang mencurigakan atau berbahaya.

Bukan itu saja, kesembilan gereja juga telah pasang Security Door untuk lebih memastikan keamanan bagi para jemaat yang melaksanakan Paskah.

"Alhamdulillah, saat pelaksanaan strelisasi semua berjalan aman dan tidak ditemukan apapun yang berbahaya di dalam ataupun di luar gereja," kata perwira menengah Polri itu.

Kombes Rachmat juga mengatakan, walau Kota Banjarmasin dalam keadaan aman, seluruh personel tetap harus waspada dan jangan pernah menganggap remeh atau underestimate.

"Tujuan kami melakukan kegiatan sterilisasi itu agar tidak terjadi suatu hal yang tidak diinginkan pada saat pelaksaan perayaan keagamaan Pekan Suci dan Hari Raya Paskah 2021 di kota ini," tutur Kapolresta Banjarmasin didampingi Kabag Ops Kompol Rizali.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021