Badan Narkotika Nasional Provinsi (BNNP) Kalimantan Selatan bersama BNN kabupaten/kota se-Kalsel menggelar kegiatan kampanye gerakan War On Drugs (perang melawan Narkoba) melalui bersepeda bareng di Kota Paringin.

Kepala BNNP Kalsel Brigjen Pol Jackson Arisano di Paringin Sabtu, menyampaikan kegiatan bersepeda atau gowes bareng ini  adalah salah satu cara untuk menjalani pola hidup sehat.

"Pada masa pandemi saat ini semuanya harus kita jaga serta kita atur, namun pola hidup sehat seperti olahraga tetap harus dijalankan dengan catatan tetap mengutamakan keselamatan kesehatan dengan cara menjalankan protokol kesehatan yang berlaku," ucap Jackson.

Selain itu, kata dia, kegiatan ini merupakan bentuk sinergi antara BNN dengan pemerintah daerah setempat dalam upaya memerangi Narkotik.

Persoalan Narkotika, menurut mantan kepala BNNP Papua tersebut, bukan hanya tanggung jawab BNN semata, namun menjadi tanggung jawab bersama.

Dia melanjutkan, untuk menanggulangi bahaya penyalahgunaan Narkotika tidak hanya cukup melalui penegakan hukum saja, akan tetapi harus bersamaan dengan bagaimana melakukan upaya pencegahannya.

“Gerakan War On Drugs bertujuan untuk dapat menciptakan generasi yang unggul sehat tanpa Narkotika, sehingga dapat menjadi salah satu langkah dalam membangun negara atau bangsa ini ke depan,” pungkasnya.

Dikesempatan yang sama, Kepala BNNK Balangan AKBP Katamsi Sad Retna Setiawan, mengatakan kegiatan bersepeda bersama dalam rangka mengkempanyekan War On Drugs dilaksanakan dengan menjalankan protokol kesehatan.

Terlepas dari itu, pihaknya terus berupaya melakukan pencegahan dan penanganan Narkotika di Kabupaten Balangan. Akan tetapi tanggung jawab dalam pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika merupakan tanggung jawab bersama termasuk seluruh elemen masyarakat.

"Kita harus siap saling bahu membahu, bekerjasama guna meminimalisir terjadinya penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkotika yang dapat mengancam kelangsungan hidup generasi bangsa, khususnya di Bumi Sanggam," ucapnya.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021