Selama dua hari pelaksanaan Apel Komandan Satuan (Dansat) tahun 2021 tersebar Kodam Vl/Mulawarman digelar di masing-masing wilayah untuk Kalimantan Selatan dilaksanakan di Mahligai Pancasila Banjarmasin dan resmi ditutup oleh Kasdam Vl/Mlw Brigjen TNI Tri Nugraha Hartanta hari ini.

Pangdam Vl/Mulawarman Mayjen TNI Heri Wiranto dalam sambutan tertulisnya dibacakan Kasdam mengatakan Apel Dansat guna untuk lebih meningkatkan integritas dalam mewujudkan profesionalisme  prajurit, seiring dengan pesatnya arus globalisasi, perkembangan lingkungan strategis dan kompleksitas tugas yang dihadapi di wilayah Kodam VI/Mulawarman.

“Dengan berakhirnya Apel Dansat, saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada penyelenggara yang telah bekerja secara optimal sehingga Apel Komandan Satuan Tersebar dapat berjalan dengan aman, tertib dan lancar,” katanya.
Komandan Korem (Danrem) 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah saat Apel Komandan Satuan (Dansat) tahun 2021. (ANTARA/Penrem)


Sedangkan Danrem 101/Antasari Brigjen TNI Firmansyah dalam pengarahannya kepada para Dansat menyampaikan beberapa penenakan, di antaranya terkait bencana banjir, penekanan terkait operasi penegakan protokol kesehatan, penanggulangan karhutla hingga pilkada yang kini memasuki tahap pemungutan suara ulang. 

"Bencana banjir yang hampir melanda di seluruh wilayah Kalsel menjadi pembelajaran kita bersama, dan apabila nanti terjadi lagi bencana banjir yang menjadi prioritas adalah daerah yang terisolir, daerah yang terputus jaringan pehubungan dan daerah yang belum tersentuh bantuan," tuturnya.

Penekanan terkait operasi penegakan protokol kesehatan, karena dua bulan terahir ini mengalami peningkatan kasus, maka pintu masuk penularan COVID-19 adalah di kota Banjarmasin dan Banjarbaru dimintanya lebih waspada lagi.

"Bagi masyarakat yang sudah divaksin, diingatkan pula masih dapat terkena COVID-19, bahwa obat yang mujarab untuk penanganan yaitu menerapkan 3M," sebutnya.

Sedangkan dalam rangka penanggulangan karhutla, diminta Danrem agar masing-masing satuan menyiapkan sarana dan prasarana serta memetakan daerah mana yang rawan untuk menjadi perhatian khusus.

Sementara dalam mendukung gelaran PSU, Danrem memastikan pihaknya siap menjaga keamanan dan ketertiban jalannya PSU, sehingga dalam pemilihan nantinya dapat berjalan aman dan lancar.

"Untuk saat ini secara umum kondisi wilayah Kalsel masih aman dan kondusif namun tetap jaga keamanan," pungkasnya

Kegiatan apel Dansat diikuti pula Danrindam VI/Mulawarman Kolonel Inf Andree Saputro, para Kasi Korem 101/Antasari, para Dandim dan Danyonif jajaran Korem 101/Ant dan para Dansat yang ada di wilayah Kalimantan Selatan.

Pewarta: Firman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021