Ketersediaan darah saat ini sangat terbatas di Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan, hal itu membuat perkumpulan pedagang di Tanah Laut yang menamakan paguyubannya Uber Rezeki Tanah Laut terpangil  melakukan kegiatan sosial kemanusiaan dengan melakukan donor darah, Kamis (25/3). 

Ketua Uber Rezeki Tanah Laut Nasroni usai melakukan donor darah Nasroni mengungkapkan, dirinya mendapatkan informasi terkait stok darah di PMI Tanah Laut sangat terbatas, hal itu membuat dirinya bersama anggotanya berinisiatif melakukan donor darah. 

"Kami dapat kabar kalau stok darah di PMI mulai menipis dan sangat terbatas. Sebagai komunitas memiliki anggota cukup banyak, saya  berusaha mengarahkan untuk ikut donor darah," ucapnya.

Nasroni berharap, upaya dirinya bersama anggota berjumlah sekitar enam ratus orang tersebar di Kabupaten Tanah Laut dapat membantu keterbatasan stok darah di PMI Tanah  Laut. 

"Hari ini ada sekitar lima puluh anggota ikut donor darah, nanti disusul anggota yang lain. Semoga nantinya dapat dilakukan secara terus menerus, sehingga dapat mengatasi keterbatasan stok darah," ungkapnya. 

Terpisah, Ketua PMI Tanah Laut H Syahrian Nurdin mengapresiasi kegiatan yang dilakukan Uber Rezeki tersebut. 

Dia mengatakan,  selama satu tahun terakhir keberadaan stok darah sangat terbatas, apalagi selama masa pandemi COVID-19 melanda Kabupaten Tanah Laut. 

"Hari ini momentum yang baik dan positif tentunya akan menambah stok darah,  sehingga bermanfaat untuk masyarakat yang memerlukan darah," terang Syahrian. 

Syahrian menambahkan, PMI Tanah Laut terus melayani masyarakat yang ingin mendonorkan darah selama satu kali dua puluh empat jam.

Dia berharap, dengan adanya gerakan dari Uber Rezeki Tanah Laut dapat menjadi contoh, bahkan motivasi bagi kalangan masyarakat maupun juga komunitas lainnya untuk turut serta melakukan donor darah. 

"Kapanpun bisa, bagi masyarakat yang ingin mendonorkan darah, pak bupati juga rutin mendonorkan darah," sebutnya.

Hingga Kamis, 25 Maret 2021 stok darah di PMI Tanah Laut tersedia sebanyak 19 kantong darah, untuk golongan (O) sembilan kantong, golongan (A) empat kantong, golongan (B) ebam kantong sedangkan golongan (AB) belum tersedia. 
Uber Rezeki Tanah Laut terpangil melakukan kegiatan sosial kemanusiaan dengan melakukan donor darah, Kamis (25/3).Foto:Antaranews Kalsel/Diskominfo Tanah Laut.

Pewarta: Arianto

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021