Organisasi pemuda pecinta lingkungan, Forum Komunitas Hijau (FKH) Kabupaten Balangan, melakukan pembibitan pohon enau skala banyak guna dimanfaatkan sebagai lahan penghijauan di berbagai lokasi di Provinsi Kalimantan Selatan.

Akhmad Rizani, seorang anggota FKH kepada Antara Kalsel, Selasa mengakui pembibitan pohon enau tersebut dikerjakan oleh sekawanan mereka sesasama anggota FKH Balangan yang bermarkas di Desa Panggung, Paringin, Selatan.

Bibit enau tersebut merupakan ambilan di alam, khususnya di bawah pohon enau yang sudah tua, dimana buah enau berguguran lalu tumbuh di tanah, tanaman itu diambil dimasukkan kedalam plebek yang sudah diberia media tumbuh berupa tanah.

Pembibitan tersebut terinspirasi kemauan Ketua FKH Banjarmasin Mohammad Ary yang sebelumnya bercerita tentang manfaat enau sebagai lahan penghijauan serta enau sebagai mata pencarian.

Mohammad Ary, menurut Akhmad Rizani berharap FKH Balangan melakukan pembibitan lalu bibit tersebut nantinya ditanam di kawasan bendungan Pipitak Jaya, Kabupaten Tapin, serta kawasan Loksado Kabupaten Hulu Sungai Selatan,

Penanaman di kala para pecinta lingkungan melakukan aksi penghijauan. Dengan kemauan tersebut maka, pihak FKH Balangan mencari bibit kemudian kemudian dikumpulkan pasa satu lokasi yang akan dibawa pakai mobil ke kawasan Piptak Jaya saat aksi penghijauan FKH pada awal April mendatang.

Berdasarkan keterangan berbarengan dengan aksi tersebut, juga akan digelar pertemuan antara komunitas hijau di Desa Loksado, sekaligus diskusi bagaimana menghijaukan kawasan tersebut. Kegiatan tersebut difasilitasi oleh Balai Wilayah Sungai (BWS) wilayah Kalimantan.

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021