Satuan Lalu Lintas Polres Tapin, Polda Kalimantan Selatan berikan layanan baru untuk masyarakat di wilayah hukumnya yaitu BANUA (Bus Pelayanan Untuk Anda) hadir setiap Jumat menuju pedesaan dan kelurahan. 

Kasat Lantas Polres Tapin, Iptu Guntur Setyo Pambudi mengatakan, di dalam bus pintar itu diisi oleh unit pelayanan perpanjangan SIM, SKCK dan laporan kehilangan. 

"BANUA beroperasi setiap hari Jum'at mulai pukul 08.00 WITA diagendakan menuju pedesaan ataupun kelurahan yang bisa dijangkau secara bertahap di setiap kecamatan di Tapin. Minggu kemarin baru operasi," ujarnya, Rabu. 

Selain juga berfungsi sebagai wahana edukasi tentang jenis pelayanan kepada masyarakat, BANUA juga hadir sebagai pusat layanan informasi seputaran  Kabupaten Tapin diantaranya tentang Kamtibmas, Karhutla dan perkembangan penyebaran COVID-19. 

"Kini layanan di bus itu sudah semakin lengkap," jelasnya.

Dalam program pelayanan itu satuan lalu lintas bekerja sama dengan UPPD Samsat Rantau sehingga membantu pengurusan administrasi bagi warga yang membutuhkan pelayanan. 

"Hadirnya BANUA ini juga sebagai terobosan dimasa pandemi COVID-19, sebagai pemecah masa untuk mengurangi kerumunan masyarakat yang melakukan pembayaran secara manual di kantor," ujarnya. 
 

Pewarta: Muhammad Fauzi Fadilah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021