Bupati Tanah Bumbu, Kalimantan selatan, dr. Zairullah Azhar minta kepada masyarakat dan pemerintah tingkat kecamatan agar mengusulkan dan penyusunan program pembangunan saat musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) disesuaikan terhadap hal yang lebih prioritas.

"Kita prioritaskan dulu mana yang lebih penting dan mendesak, karena keterbatasan anggaran APBD dimasa pandemi COVID-19," kata Bupati di Batulicin Selasa.

Dia mengatakan, hal yang lebih prioritas untuk segera di tangani diantaranya infrastruktur jalan, sarana public, dan program dalam meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

Dalam musrembang di seluruh kecamatan semua pihak harus trelibat untuk memberikan usulan dan merumuskan perencanaan.

Dimintanta agar kehadirannya musrembang bukan sekedar membuka kegiatan. Tapi lebih dari itu, yakni memberikan motivasi masyarakat untuk menyampaikan aspirasinya dalam merumuskan perencanaan pembangunan yang diprioritaskan.

"Saya mengapresiasi tingginya antusiasme masyarakat turut hadir dalam setiap musrenbang di sejumlah kecamatan,"ujarnya.

Sementara itu, salah satu anggota organisasi kepemudaan genpita, Rendy menilai, musrenbang ini sangat bermanfaat bagi masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan usulan pembangunan agar bisa direalisasikan pemerintah kabupaten.

"Saya sependapat dengan Bupati Zairullah Azhar, yang mengingatkan agar usulan mengutamakan kebutuhan prioritas, satu diantaranya infrastruktur jalan. Karena di Satui masih banyak akses jalan yang belum mulus atas beraspal," ujarnya.

Namun menurut dia, ada usulan lain yang perlu dicantumkan yakni pembangunan sarana olahraga dan seni.

"Selama pandemi hampir tidak ada ada kegiatan positif yang bisa dilakukan pemuda di daerahnya. Pasalnya keterbatasan fasilitas penunjang, seperti lapangan sepakbola dan gedung seni, membuat mereka tak bisa mengembangkan bakatnya dan lebih banyak berdiam diri dirumah," pungkasnya.

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021