Banjarmasin,  (Antaranews Kalsel) - Warga Banjarmasin yang tergabung dalam Peduli Banua melakukan pengusiran terhadap Kepala Balai Pelaksana Jalan Nasional VII Kementerian Pekerjaan Umum Bastian Sihombing karena dianggap melakukan pengebirian terhadap kontraktor lokal di Kalimantan Selatan.


Berdasarkan laporan Wartawan Antara di lapangan, Kamis, terlihat ratusan massa yang tergabung dalam aksi Peduli Banua berkumpul di depan pintu masuk Kantor Balai Pelaksana Jalan Nasional VII.

Dalam aksi tersebut juga terlihat massa dari Peduli Banua melakukan "sweping" (penyisiran) untuk mencari Ketua Balai tersebut di dalam kantornya.

Sempat terjadi adu mulut massa dari Peduli Banua dengan salah satu pegawai di kantor Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional VII saat melakukan pencarian terhadap ruangan kepala balai.

Tidak beberapa lama akhirnya massa menemukan kepala balai tersebut dan membawanya keluar dari ruangan untuk memberikan keterangan di hadapan massa terkait permasalahan yang dihadapi kontraktor lokal.

Para Kontroktor lokal menganggap Kepala Balai tersebut mengerdilkan para pengusaha lokal dengan tidak pernah memberikan kesempatan para kontraktor lokal untuk mendapatkan proyek karena adanya penggabungan proyek.

Bukan itu saja, perlakuan Kepala Balai dinilai massa terlalu sombong terhadap para kontraktor lokal selama berada di Bumi Lambung Mangkurat sehingga massa menginginkan kepala balai diusir dari Kalsel.

Untuk diketahui, pada saat aksi tersebut mulai berorasi hingga terjadi sweping terhadap Kepala Balai Pelaksaan Jalan Nasional VII di kantornya tidak terlihat adanya pengamanan dari pihak kepolisian yang menggunakan baju seragam.

Berselang beberapa menit usai aksi sweping dilakukan massa dari peduli banua, Kapolsek Banjarmasin Utara dan beserta anggotanya mengenakan baju seragam baru tiba di lokasi tidak berapa lama diikuti anggota dari Satuan Sabhara Polresta Banjarmasin.

Apabila pengamanan itu dilakukan sebelum aksi demo datang ke kantor balai maka tidak akan terjadi aksi sweping di dalam Kantor Balai Pelaksanaan Jalan Nasional VII Kementerian Pekerjaan Umum di Banjarmasin.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015