Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Kepala Kementerian Agama Kalimantan Selatan H Muhammad Tambrin mengungkapkan, provinsi tersebut mendapat kepercayaan menjadi tuan rumah Perkemahan Pramuka Santri Nusantara IV tahun 2015.


"Pihak Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kemenag RI dan dan Kwartir Nasional (Kwarnas) Pramuka sudah melakukan kunjungan ke Kemenag Kalsel," ungkapnya di Banjarmasin, Rabu.

Selain itu, rombongan dari pusat tersebut mengunjungi pemerintah provinsi (Pemprov) Kalsel dalam kaitan penunjukan "Bumi Perjuangan Pangeran Antasari" sebagai tuan rumah Perkemahan Pramuka Santri Nusantara IV,"lanjutnya.

"Pertemuan rombongan Kemenag pusat dan Kwarnas tersebut pekan lalu di rumah jabatan Gubernur Kalsel," ungkapnya.

Ketika itu, lanjutnya, Gubernur Kalsel H Rudy Ariffin menanggapi positif dan menyambut gembira atas penunjukan provinsi tersebut sebagai tuan rumah Perkemahan Pramuka Santri Nusantara IV.

Perkemahan Pramuka Santri Nusantara IV tersebut, rencananya di taman Agrowisata Tambang Ulang Kabupaten Tanah Laut (Tala), sekitar 45 kilometer timur Banjarmasin.

"Kita sudah survai Taman Agrowisata Tambang Ulang, tampaknya cocok sebagai tempat pusat acara perkemahan pramuka santri nasional itu," ucap mantan Kepala Kemenag Tala tersebut.

Menurut dia, taman agrowisata tersebut sangat representatif untuk menjadi tempat ajang besar yang diperkirakan akan menarik kontingen Pramuka santri Ponpes se-Indonesia hingga berjumlah enam ribu orang.

"Tempatnya luas dan hijau karena sekitar pegunungan, sangat cocok untuk acara perkemahan Pramuka, dan perkiraan dapat menampung sekitar enam ribu peserta," tuturnya.

Ia mengatakan, acara perkemahan Pramuka itu dijadwalkan Juli 2015, sekaligus peringatan Hari Santri yang sudah dicanangkan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Yang pastinya sementara ini, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin akan membuka acara perkemahan tersebut, dan belum ada kabar kehadiran bapak presiden pada kegiatan nasional itu," ucapnya.

Jajaran Kanwil Kemenag Kalsel, ungkapnya, mulai melakukan persiapan menyambut acara besar nasional itu dengan sangat maksimal pastinya, ini penting untuk kelancaran acara tersebut nantinya.

  "Namun kelemahan persiapan kita terkait anggaran, sebab tidak ada alokasi anggarannya tahun ini khusus acara ini. Tapi pak gubernur kita merespon sangat supaya suksesnya acara nasional ini di daerah, dan kita yakin bisa melaksanakannya dengan dukungan Pemprov nantinya," kata Tambrin.    

Pewarta: Sukarli

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015