Sekelompok anak Muda Desa Panggung, Kecamatan Paringin Selatan, Kabupaten Balangan, belakangan ini sering menggelar kegiatan menajur (memancing ikan) di rawa seraya menggelar bamasakan (memasak dan maka makan bersama).

Kegiatan yang hampir digelar setiap malam tersebut dijadikan oleh kelompok anak muda (satu kelompok belasan orang,) sebagai hiburan malam, yang mengasyikkan.

Aris, salah satu ketua kelompok bamasakan Desa Panggung bagian Hulu menuturkan, bamasakan sering digelar lantaran mengasyikan sehingga ketagihan makanya sering digelar.
Ikan Dapatan najur lagi dimasak pemuda desa (Antaranews Kalsel/Hasan Z)
Tetapi acara najur dan masakan tersebut, digelar saat malam hari hujan dan air di rawa-rawa dalam,  karena dengan hari hujan maka esok para pemuda tersebut libur menyadap karet, lantaran pohon karet basah, sehingga dimanfaatkan untuk najur.

Lokasi  dipilih tentu agak jauh dari kampung terutama di rawa-rawa yang dinilai banyak ikannya, seperti panggadungan, tibung, sakak, durian panjang, tetapi bisa juga pergi ke kampung lain kalau di daerah lain itu ada kawasan rawa yang banyak ikannya.

Acara dihadului dengan memasang tajur yakni pancing yang didiamkan biasanya hampir seratus buah pancing, setelah beberapa jam kemudian pancing itu diperiksa dan ternyata sebagian banyak yang kena ikan.

Ikan yang banyak memakan tajur tersebut adalah lele, belut, gabus, betok atau pepuyu, dan beberapa jenis ikan lagi.

Hasil tangkapan tersebut kemudian dibersihkan lalu dimasak secara gotong royong oleh anak muda, tentu setelah menyiapkan menanak nasi secukupnya satu kelompok.
Ikan lagi di panggang dalam acara najur dan bamasakan pemuda desa (Antaranews Kalsel/Hasan Z)
Setelah dibuatkan sambal, lalu ada sayur sayuran yang juga mencari dihutan, kemudian ikan yang masak ditaruh di tengah saat semua kelompok duduk dengan pormasi membundar, lalu nasi dipiring dibagikan maka jadilah pesta makan-makan di tengah hutan, tentu diiringi dengan tape rekorder yang menyajikan musik irama dangdut.

Setelah pesta makan makam di tengah malam, setelah pukul 12 biasanya acar usai, dan anak muda tersebut pulang ke rumah masing masing. 

Acara seperti itu terdapat beberapa kelompok anak muda, bukan saha Desa Panggung bagian hulu tapi juga di Desa Panggung bagian hilir di samping desa desa lainnya sekitar itu.

Pewarta: Hasan Zainuddin

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021