Pendistribusian vaksin sinovac tahap II yang disiapkan oleh pemerintah pusat untuk mencegah tertularnya penyebaran virus corona atau COVID-19 kini tiba di Kabupaten Tanah Bumbu, Kalimantan Selatan.

"Ada 31 kotak atau karton vaksin tiba di Gedung Farmasi Tanah Bumbu pada pukul 15.00 wita dengan pengawalan ketan oleh anggota polisi dari Polda Kalsel," kata Kepala Dinas Kesehatan Tanah Bumbu Setya Budi, di Batulicin Senin.

Dia mengatakan, setiap satu kota ada ada 10 vial atau botol vaksin, dan setiap satu botolnya akan digunakan untuk satu sampai sembilan orang yang akan dilakukan vaksinasi.
 
Kedatangan vaksin tahap dua tersebut akan diperuntukan kepada 1845 anggota TNI, Polri, anggota lembaga vertikal dan pejabat daerah setempat.

"Kami berharap, dengan adanya pelaksanaan vaksin mampu menekan penyebaran virus corona sehingga masyarakat juga dapat melakukan aktifitas seperti biasa," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Instalasi Farmasi Kabupaten Tanah Bumbu Zainal menambahkan, saat kedatangan vaksin kami lakukan pengecekan yang didampingi oleh anggota Badan Pengawasan Obat dan Makana (POM) Tanah Bumbu apakah jumlah vaksin tersebut sesuai dengan data atau tidak.

"Alhamdulillah semuanya lengkap dan setiap vaksin kami lakukan pengecekan mulai dari segel vaksin, salanjutnya kami simpan pada "chiller" atau lemari pendingin khusus vaksin," tambahnya.

Diperkirakan, pada hari berikutnya dinas terkait baru melakukan pendistribusian vaksin ke tingkat kecamatan sekaligus dilakukan vaksinasi kepada 1845 orang yang sudah terdaftar.
 

Pewarta: Sujud Mariono

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021