Sipropam Polresta Banjarmasin bersama Anggota Propam Polda Kalsel dan Denpom VI/Banjarmasin melakukan razia pemeriksaan terhadap anggota Polri dan TNI yang berada di sejumlah Tempat Hiburan Malam (THM) di kota setempat.

"Razia anggota ini kami lakukan berdasarkan instruksi Bapak Kapolri ke Polda jajaran guna menertibkan anggota polisi yang berada di THM," ucap Kapolresta Banjarmasin Kombes Pol Rachmat Hendrawan melalui AKBP Sabana Atmojo di Banjarmasin, Minggu.

Dikatakannya, razia anggota yang dilakukan ini menyasar ke beberapa THM yang disinyalir sering ada anggota Polri maupun TNI-AD berada di tempat tersebut.

Tempat hiburan malam yang dilakukan pemeriksaan di antaranya Armani Eksekutif Club yang berlokasi di jalan Skip Lama Banjarmasin Tengah, Royal Cafe dan BOEC Hotel Banjarmasin Internasional yang berlokasi di Jalan A Yani Km 4,5 Banjarmasin Timur.
Anggota Propam Polresta Banjarmasin melakukan pemeriksaan identitas terhadap pengunjung di salah satu pub tempat hiburan malam. (ANTARA/Ist)
Tim pengamanan internal itu pun memeriksa satu persatu room karoke dan lounge/pub yang ada di dalam tempat hiburan tersebut.

"Satu persatu pengunjung pub maupun karoke di tempat hiburan malam kami periksa identitasnya untuk mengetahui pekerjaan mereka," kata Wakapolresta Banjarmasin.

Pelaksanaan razia terhadap anggota Polri dan TNI itu dilakukan pada Sabtu (27/2) malam mulai pukul 22.30 WITA hingga Minggu (28/2) dini hari, sekitar pukul 00.30 WITA.

Kegiatan ini sekali lagi dilakukan berdasarkan Surat Perintah dari Kapolda Kalsel tentang larangan anggota Polri memasuki tempat hiburan dan pemeriksan senpi inventaris dinas perorangan yang di pegang personel Polresta Banjarmasin.

"Kapolri kepada Kapolda dan tentunya sebagai ujung tombak kami melaksanakan arahan pimpinan dalam rangka mewujudkan polri yg bersih dan profesional dalam bekerja sesuai dengan program Polri Presisi ( Prediktif, Responsibilitas, Transparansi dan berkeadilan)," ujar Sabana.
Wakapolresta Banjarmasin AKBP Sabana Atmojo (jaket coklat) melakukan pemeriksaan identitas terhadap pengunjung di salah satu cafe. (ANTARA/Ist)
Perwira menengah Polri itu dalam kegiatan tersebut juga memberikan imbauan terhadap pengelola tempat hiburan malam dan para pengunjung sipil agar tetap mematuhi protokol kesehatan.

Kemudian, mengimbauan kepada para pengelola dan pihak keamanan di THM agar berkordinasi dengan Sipropam Polresta Banjarmasin dan Denpom TNI-AD Banjarmasin apabila ada personel TNI/Polri maupun ASN Polri yang memasuki tempat hiburan malam.

"Dalam razia anggota kali ini kami tidak menemukan adanya Personel TNI/Polri maupun ASN Polri yang memasuki tempat hiburan malam, tapi giat ini akan rutin dilaksanakan dan selama kegiatan berlangsung situasi aman dan kondusif," tutur perwira lulusan Akabri angkatan 1999 yang memimpin langsung razia tersebut.

Pewarta: Gunawan Wibisono

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021