Tenaga kesehatan yang mengikuti vaksinasi COVID-19 di Kabupaten Hulu Sungai Utara meningkat dari data sasaran semula sebanyak 1.315 orang namun hingga proses pemberian dosis kedua pada 22 Pebruari 2021 jumlah tenaga kesehatan (nakes) yang menjalani vaksin bertambah sekitar 1.800 orang.

Pelaksana program Imunisasi bidang Pengendalian dan Pemberantasan Penyakit (P2P) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Hulu Sungai Utara (HSU) Midi Wirawandi di Amuntai, Rabu, mengatakan terjadinya penambahan sasaran penerima Vaksin disebabkan nakes yang pernah terpapar COVID-19 diizinkan menjalani vaksin.

"Ada surat edaran terbaru dari Kemenkes RI yang memperbolehkan tenaga kesehatan yang sudah sembuh dari perawatan COVID-19 untuk menjalani vaksinasi," ujar Midi.

Midi mengatakan, surat edaran baru tersebut mereka terima menjelang berakhir tahap pemberian dosis kedua vaksin COVID-19 beberapa waktu lalu.

Namun hanya nakes yang sembuh selama tiga bulan yang diperbolehkan menjalani vaksinasi sehingga banyak dari mereka yang kemudian ikut menjalani vaksin dosis satu.
 
Ilustrasi -Tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten HSU menerima Vaksin COVID-19 dari petugas. (Antaranews Kalsel/Humpro Setda HSU/Eddy A)

Menurut Midi tidak ada kendala baik penolakan maupun ketersediaan sarana dan fasilitas, disebabkan yang menjadi sasaran vaksin adalah nakes yang merupakan bagian dari keluarga besar kesehatan HSU.

Kepala bidang P2P Dinkes HSU Masbudianto mengatakan, Dinkes belum memperoleh data resmi berapa jumlah nakes yang sembuh dari perawatan COVID -19 atau disebut Penyintas ini yang mengikuti pemberian vaksinasi.

Hingga 24 Pebruari 2021 pemberian vaksin COVID-19 kepada nakes masih terus berlangsung sehingga belum diperoleh data resmi jumlah total nakes yang menjalani Vaksin di Kabupaten HSU.

Meski demikian diperoleh informasi bahwa sasaran dan cakupan dasboard pelaksaan vaksinasi COVID-19 per 23 Pebruari, Kabupaten HSU tertinggi di Kalsel dengan cakupan 63,2 %.

Baik pelaksanaan pemberian dosis I dan dosis II masih dalam proses pemberian vaksin hingga 24 Pebruari 2021belum ada data final pencapaian vaksin.

Berdasarkan data Dinkes HSU pada pemberian vaksin Sinovac dosis pertama jumlah sasaran Vaksinasi sebanyak 1315 orang, jumlah yang di vaksin 1.049 orang atau sekitar 79,77 %,
Nakes yang ditunda sebanyak  125 orang,
Nakes yang batal divaksin sebanyak 124 orang
Jadi total yang menjalani Vaksinasi untuk dosis I sebanyak 1.049 orang (79,77%)

Sedangkan pada pemberian Dosis kedua
Jumlah yg di vaksin sebanyak 840 orang Nakes (63,88%), Jumlah nakes yg ditunda vaksin 50 orang, batal vaksin sebanyak empat orang, total yang menjalani vaksin dosis kedua sebanyak 840 orang (63,88%)

Sehingga total nakes di Kab. HSU yang sudah menjalani vaksin sekitar 1.800 orang sedang jumlah nakes yang tunda dan belum menjalani vaksin sebanyak 175 orang.

 

Pewarta: Eddy Abdillah

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021