Banjarmasin, (Antaranews Kalsel) - Silaturahmi Dewan Pertimbangan Partai Nasional Demokrat Kalimantan Selatan bersama kader partai politik tersebut, di Banjarmasin, Selasa, meminta, agar pengelolaan Partai Nasdem di provinsi itu secara profesional.


Ketika Antara Kalsel menanyakan, apakah pengelolaan Partai Nasdem di provinsi ini tidak profesional? Wakil Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasem Kalsel H Tasriq Usman tak memberikan jawaban, ya atau tidak.

Namun mantan politisi Partai Golkar itu balik bertanya, apakah setiap pengambilan keputusan/kebijakan partai tanpa memenuhi quorum sebuah bentuk profesionalisme dalam mengelola organisasi.

Contoh lain, membuka pendaftaran calon kepala daerah/wakil kepala daerah, tanpa mengindahkan petunjuk pelaksanaan (juklak) Dewan Pimpinan Pusat (DPP), apakah itu juga sebuah profesionalisme dalam mengelola organisasi?

"Karena DPP memberi petunjuk pembukaan pendaftaran calon kepala daerah itu sesudah ada kepastian/kejelasan pemberlakukan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-Undang (Perppu) Nomor 1 tahun 2014 tentang Pemilihan Kepala Daerah," katanya.

"Kalau misalnya Perppu 1/2014 diberlakukan yang tanpa wakil kepala daerah, dan dalam pendaftaran ternyata ada calon kepala daerah dan calon wakil kepala daerah, apakah cara kerja itu profesional? demikian Tasriq.

Sementara DPD Partai NasDem Kalsel sudah membuka pendaftaran bagi mereka yang mau mencalon sebagai kepala daerah dan wakil kepala daerah melalui partai politik (parpol) tersebut.

Pembukaan pendaftaran tersebut berkaitan pemilihan kepala daerah atau Pilkada di Kalsel, yang terdiri tingkat provinsi serta tujuh kabupaten/kota secara serentak, yang dalam penjadwalan sementara Komisi Pemilihan Umum (KPU) akhir 2015.

Selain Pilkada tingkat provinsi itu, tujuh dari 13 kabupaten/kota se-Kalsel yang juga melaksanakan pesta demokrasi tersebut secara bersamaan, yaitu Kota Banjarmasin, Kota Banjarbaru, Kabupaten Banjar, Hulu Sungai Tengah (HST), Balangan, Tanah Bumbu (Tanbu), dan Kabupaten Kotabaru.

Dalam silaturahmi yang berlangsung di Hotel Familia Banjarmasin dan dihadiri perwakilan NasDem dari 10 kabupaten itu, juga membuat rekomendasi yang akan disampaikan kepala DPP parpol tersebut.

Rekomendasi hasil silaturahmi tersebut antara lain perlu penyegaran DPD Partai NasDem Kalsel, mengembalikan hak anggota pengurus yang kena sanksi, karena pemberian sanksi tidak sesuai prosedur dan ketentuan organisasi.

Selain itu, untuk pendaftaran calon kepala daerah kabupaten/kota pada masing-masing DPD Partai NasDem kabupaten/kota tersebut, dan mencalonkan kader terbaik, kalau calonnya dari internal parpol sendiri.

  Pada silaturahmi tersebut hadir Ketua Dewan Pertimbangan Partai NasDem Kalsel H Irhami Ridjani yang juga Bupati Kotabaru, serta Korwil DPP untuk provinsi itu H Adhariani.   

Pewarta: Syamsuddin Hasan

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015