Pelantikan Bupati dan Wakil Bupati Hulu Sungai Tengah (HST) H Aulia Oktafiandi dan H Mansyah Saberi direncakan pada tanggal 26 Februari 2021 melalui Video Conference (Vicon) secara online.

"Dari hasil vicon kami dengan Dirjen Otonomi Daerah (Otda) Kemendagri kemaren menghendaki rencana pelantikan kepala daerah dilakukan secara online di wilayah masing-masing pada tanggal 26 Februari 2021," kata Kepala Bagian Pemerintahan Setda HST, Mursidi Selasa (16/2) di Barabai.

Sedangkan untuk tempat pelantikan di Barabai menurutnya belum ditentukan. Masih menunggu rapat dan konsultasi dengan beberapa pihak terkait dan Pemerintah Provinsi Kalsel.

"Direncanakan yang melantik berada di Banjarmasin dan yang dilantik yaitu Bupati dan Wakil Bupati berada di daerah masing-masing melalui Vicon," kata Mursidi.

Rencananya pelantikan dilakukan secara serentak seluruh Kabupaten/Kota yang jasil Pilkadanya tidak ada masalah atau bersengketa di MK. "Untuk mekanisme pelantikan nanti akan kami rapatkan kembali setelah selesai kedatangan R1-1 ini," katanya.

Untuk jumlah tamu yang diundang ditambahkannya tentu akan dibatasi sesuai dengan protokol kesehatan pencegahan COVID-19. 

Kasubag Dokumentasi Pimpinan Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan Setda HST, Wagiman saat dikonfirmasi menambahkan pihaknya sudah melakukan persiapan terkait pelantikan Bupati dan wakil bupati HST yang baru.

"Diantaranya yang sudah kami siapkan untuk pelantikan adalah pengukuran baju putih atau Pakaian Dinas Upacara (PDU) dan kelengkapan lainnya untuk Bupati dan Wakil Bupati," katanya.

Beberapa hari ke depan, pihaknya juga sudah merencanakan untuk sesi foto. "Untuk sesi foto sudah kami rencanakan namun belum ditentukan juga harinya dan tempatnya, bisa di studio, bisa juga di rumah jabatan Bupati. Karena Prokom juga punya alat kamera lengkap. Jadi nanti terserah bagaimana baiknya dan maunya pimpinan," tuntasnya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021