Bupati  Tapin HM Arifin Arpan pada Jumat 12 Februari 2021 genap berusia 66 tahun usia yang cukup matang dalam memaknai  perjalanan hidup dan karir.

Drs HM Arifin Arpan MM pria kelahiran Binuang, 12 Februari 1955 yang merupakan anak kedua dari enam bersaudara dari pasangan H. Arpan dan Hj. Syahriah memiliki prestasi dan karir yang cukup gemilang.

Diusianya yang ke 66,  doa mengalir dari berbagai kalangan dan catatan prestasinya selama memimpin. 

"Semoga selalu sehat, sukses, lancar dan diberi keberkahan memimpin Kabupaten Tapin," kata Aparatur Sipil Negara (ASN) dari berbagai instansi, dan masyarakat.  

Tak terkecuali, doa yang sama juga disampaikan oleh pendamping setia bupati dua periode itu, Hj. Ratna Ellyani juga mengucapkan doa dan harapan terbaik untuk suaminya. 

"Sukses memimpin keluarga, sukses pula memimpin pemerintahan sebagai Bupati Tapin," ungkap ibu 3 anak itu. 
 
Bupati Tapin HM Arifin Arpan bersama keluarga. (Antaranews Kalsel/Muhammad Fauzi Fadilah)

Catatan Plt. Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Achmad Ebet Riyadi menunjukkan beberapa prestasi Bupati Tapin. 

"Banyak sekali penghargaan yang raihnya, mulai penghargaan level masyarakat, menteri hingga presiden. Dalam catatan Humas Pemda Tapin, ada lima penghargaan dari Presiden RI. Selain itu Tapin juga berhasil meraih penghargaan Adipura, WTP, SAKIP dan sejibun penghargaan lainnya," ujarnya. 

Dari catatan itu, cukup banyak prestasi  pembangunan dibidang infrastruktur, pendidikan, kesehatan, pertanian, pelayanan publik, tata kota, penghijauan, kebersihan, perikanan, sosial, keagamaan dan tata kelola pemerintahan yang transparan.

"Sosok Bupati Tapin, HM Arifin Arpan memang kreatif, inovatif dan sering membuat terobosan yang bermanfaat bagi masyarakat," katanya.

Kebijakan tersebut, seperti gerakan penghijauan di sisi jalan nasional mulai perbatasan Tapin dengan Kabupaten Banjar hingga perbatasan Tapin dengan Hulu Sungai Selatan. Penghijauan ini sukses bahkan banyak dicontoh kabupaten lainnya. 

Kemudian, dimasa kepemimpinan Arifin Tapin berhasil menjadi penyangga padi Kalimantan Selatan, sehingga dipercaya oleh pemerintah pusat menjadi daerah penyangga pangan nasional.

"Terbaru, Bendungan Tapin merupakan proyek strategis nasional yang saat ini sudah dinyatakan selesai tahap pembangunan baru baru ini, boleh dibilang kado istimewa HUT Bapak HM Arifin Arpan ke 66 ini," ujar pria yang akrab disapa Ebet itu. 

 

Pewarta: Muhammad Fauzi Fadilah

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021