Jajaran Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Tabalong mengikuti peringatan Hari Pers Nasional   dari Istana Negara secara virtual di Wisma Bersinar Pembataan, Selasa (9/2).

Bupati Tabalong Anang Syakhfiani turut menghadiri peringatan HPN didampingi Kepala Dinas Kominfo dan Statistik Febriadin Hafiz, Kabag Protokol Gusti Judid Ihsan Permana, dan jajarannya.

Presiden Joko Widodo dalam sambutannya mengucapkan terima kasih atas peran pers yang turut membantu pemerintah dalam melakukan edukasi protokol kesehatan 3M (memakai masker, menjaga jarak dan mencuci tangan) selama pandem COVID-19.

"Saya mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya karena pers membantu pemerintah mengedukasi masyarakat agar menerapkan protokol kesehatan dan membantu masyarakat mendapatkan informasi yang benar dan tepat,” kata Jokowi dalam  HPN 2021 yang digelar secara virtual dari Istana Negara.

 Sementara itu Ketua PWI Pusat, Atal Sembiring Depari dalam sambutannya mengatakan saat ini pers nasional mengalami krisis eksistensi akibat disrupsi digital.

“Tekanan disrupsi muncul bersamaan makin kuatnya penetrasi bisnis perusahaan platform digital Indonesia dan dunia,” ungkap Atal.

Menurut Atal, perkembangan pesat media sosial, mesin pencari dan situs e-commerce mengguncang daya hidup media konvensional cetak radio dan TV.

“Platform digital makin mendominasi ranah media, makin berpengaruh pada kehidupan publik, mendapat iklan, dan menggeser kedudukan media massa konvensional,” kata Atal.

Pewarta: Herlina Lasmianti

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021