Banjarbaru,  (Antaranews Kalsel ) - Pemerintah Kota Banjarbaru, Kalimantan Selatan, kehilangan sebanyak 16 kuota calon pegawai negeri sipil karena tidak terisi pelamar sejak pendaftaran serta adanya pelamar yang tidak lulus.


Kepala Badan Kepegawaian dan Pendidikan Pelatihan Daerah Kota Banjarbaru Firdaus Hazairin, Kamis, mengatakan kuota CPNS yang hangus berasal dari empat formasi.

"Dua formasi tidak ada pelamar, yakni Guru Akomodasi Perhotelan dan Guru Usaha Perjalanan Wisata, sedangkan dua formasi tidak terisi, yakni Bendahara dan Teknik Bangunan," ujarnya.

Disebutkan bahwa formasi Guru Akomodasi Perhotelan lima kuota yang hangus, Guru Usaha Perjalanan Wisata dua formasi hangus, Bendahara delapan formasi dan satu f9ormasi Teknik Bangunan.

Ia menjelaskan formasi Guru Akomodasi Perhotelan dan Guru Usaha Perjalanan Wisata hangus sejak pendaftaran CPNS dibuka termasuk satu formasi teknik bangunan karena tidak ada pelamar.

"Sementara formasi Bendahara dari 18 kuota, hanya sebanyak 10 orang dari puluhan pelamar yang nilainya memenuhi standar sehingga dinyatakan lulus," ucapnya.

Menurut dia, formasi yang hangus tidak bisa diisi oleh pelamar lain atau dialihkan ke formasi lain sesuai arahan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

"Kami sudah berkonsultasi dengan Kemen PAN dan RB terkait formasi yang tidak ada pelamar dan ternyata tidak bisa diisi pelamar lain atau dialihkan ," katanya.

Menurutnya, hangusnya 16 formasi tersebut mengurangi kuota CPNS yang disediakan Pemkot Banjarbaru dalam penerimaan CPNS jalur umum 2014 dengan jumlah formasi sebanyak 79.

Perinciannya, 28 formasi tenaga pendidik, 21 formasi tenaga kesehatan dan 30 formasi tenaga teknis yang disediakan bagi pelamar umum sesuai kualifikasi pendidikan.

  "Kuota CPNS berkurang 16 formasi sehingga dari 79 kuota yang disiapkan tinggal 63 formasi yang diisi pelamar. Bagi mereka yang lulus, kesempatan daftar ulang pada 8-16 Januari," katanya.   

Pewarta: Yose Rizal

Editor : Asmuni Kadri


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2015