Pemerintah Kabupaten Kotabaru mulai mendistribusikan vaksin sinovac ke sejumlah kecamatan, dengan pengawalan ketat aparat dari unsur TNI dan kepolisian setempat, Sabtu.

Pendistribusian vaksin asal China yang sebelumnya sudah disimpan di gudang Instalasi Farmasi Kesehatan (IFK) Dinas Kesehatan Kotabaru itu dilakukan sebagai persiapan pelaksanaan vaksinasi pada Februari mendatang secara serentak di Kabupate Kotabaru.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kotabaru, Hj Ernawati mengatakan, distribusi vaksin sinovac kali ini dilakukan ke sejumlah kecamatan baik yang ada di kepulauan dan daratan Kalimantan.

“Hari ini kita mulai pendistribusian ke-2 Vaksin sinovac ke Puskesmas Sampanahan dan Puskesmas Gunung Batu Besar yang berada di wilayah Kecamatan Sampanahan serta Puskesmas Tanjung Samalantakan di Kecamatan Pamukan Selatan," kata Ernawati.

Untuk pengiriman vaksin sebanyak 90 vial dengan kondisi suhu 4,5 derajat ke tiga puskesmas tersebut melalui kapal Fery penyeberangan Tarjun.

“Sedangkan untuk pengiriman ke Puskesmas Pudi di Kecamatan Kelumpang Utara dan Puskesmas Tanjung Batu Kecamatan Kelumpang Tengah dengan suhu 3,6 derajat sebanyak 40 Vial melalui pelabuhan panjang," jelasnya.

Sementara untuk Puskesmas Lontar, Kecamatan Pulau Laut Barat digabung dengan Puskesmas Tanjung Seloka Kecamatan Pulau Laut Selatan, Puskesmas Tanjung Lalak Kecamatan Pulau Laut Kepulauan, Puskesmas Tanjung Selayar Kecamatan Pulau Laut Tanjung Selayar dan Puskesmas Marabatuan Kecamatan
Pulau Sembilan dengan suhu 2,4 derajat sebanyak 172 vial.
"Jadi total vaksin sinovac yang dikeluarkan dari Gudang Instalasi Farmasi Kesehatan (IFK) Dnas Kesehatan Kotabaru sebanyak 302 vial,” pungkasnya.

Pewarta: M. Shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021