Organisasi sosial Sahabat Balangan Centre (SBC) membuka donasi untuk warga masyarakat Balangan yang tidak mampu untuk membayar iuran BPJS Kesehatan yang kini distop sementara oleh Pemerintah Kabupaten Balangan.

Dalam siaran pers Humas SBC Roly Supriadi di Paringin, Jumat (29/1)  menyampaikan, menyikapi pemutusan hubungan kerjasama antara Pemkab Balangan dengan BPJS Kesehatan sejak 1 Januari 2021, SBC terus berupaya agar setiap warga yang benar-benar layak dan patut dibantu  layanan kesehatan dapat terus tercover layanan BPJS Kesehatan.

Menurut dia, jaminan kesehatan bagi warga masyarakat sangat penting khususnya di Bumi Sanggam, untuk itu, organisasi sosial Sahabat Balangan Centre bergerak mengumpulkan donasi demi melanjutkan iuran BPJS Kesehatan bagi warga yang dinilai dalam kondisi membutuhkan dengan segera layanan kesehatan maupun tindakan medis.

"Di antaranya yang sedang dirawat, pasien yang menjalani perawatan rutin, pasien yang ingin melahirkan pada periode Januari-Februari 2021, yang sedang sakit, maupun hal lainnya yang dinilai cukup mendesak." ujarnya.

Dia melanjutkan, SBC menyadari di antara berbagai penyakit tersebut seperti kanker, tumor, leukimia, jantung, melahirkan, dan lain sebagainya tidak mungkin ditunda pengbatannya, hingga Pemkab Balangan kembali menyetujui kerja sama dengan BPJS Kesehatan.

Sebagaimana diketahui, Kabupaten Balangan merupakan satu-satunya di Provinsi Kalimantan Selatan sebagai pelaksana sekaligus peraih Universal Health Cooverage (UHC) Award pada 2017 silam, karena berhasil mendaftarkan seluruh warganya dalam cakupan layanan kesehatan semesta untuk penduduknya.

Menurut Roly, untuk bisa melaksanakan kembali program UHC tersebut, Pemkab Balangan tentunya butuh proses administrasi dan lain sebagaimannya, sementara warga yang menderita berbagai penyakit, tetap harus mendapatkan pelayanan kesehatan.

Diketahui, sejak 5 Januari 2021 Sahabat Balangan Centre mencoba membuka donasi untuk bergotong royong membantu sesama dalam memecahkan isu sosial tersebut, disela berbagai kesibukan menghadapi bahkan membantu para korban bencana alam di wilayah Kalsel.

Pada Januari 2021, dari hasil donasi yang terkumpul sebesar Rp15.233.000 telah dipergunakan sepenuhnya untuk iuran kepesertaan BPJS Kesehatan bagi 437 warga yang dinilai perlu dibantu dan mendesak, dengan total pembayaran Rp16.120.000 sehingga menyisakan hutang sebesar Rp887.000.

"Berikutnya pada Februari 2021, tentunya semua itu harus dilanjutkan, dan insya Allah jumlahnya pun bertambah, di mana kami mengupayakan donasi maksimal dengan perkiraan dana persiapan sebesar Rp20.000.000 melalui Rekening Sahabat Balangan Centre (SBC) 013.03.01.15130.2 di Bank Kalsel," katanya.

Terakhir, Roly mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga masyarakat yang telah berpartisipasi serta ikut berdonasi. 

"Kami tidak akan pernah mengkhianati amanah kalian, semua donasi selalu kami serahkan sepenuhnya kepada mereka yang berhak dan patut dibantu," tutupnya.

Pewarta: Ragil Darmawan

Editor : Ulul Maskuriah


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021