Produsen semen PT Indocement Tunggalk Prakarsa Tbk Tarjun, Kotabaru, membina petambak ikan air tawar yang memanfaatkan lubang bekas tambang.

SHECSR Departement Head PT Indocement Tunggal Prakarsa (ITP) Tarjun, Teguh Iman Basoeki, mengatakan, Desa Serongga yang merupakan desa mitra Indocement yang saat ini mengembangkan keramba ikan air tawar di bekas galian tambang.

"Setelah menjalani kajian kelompok petambak ikan berani mengembangkan keramba ikan air tawar di bekas galian tambang ini," katanya melalui siaran pers.

Kepala Desa Serongga, Akhyar, menambahkan, dengan memanfaatkan potensi yang ada khususnya bekas galian tambang untuk dimanfaatkan sebagai lokasi keramba ikan.

Dengan bantuan Indocement yang memberikan pelatihan kepada kelompok petambak keramba ikan serta pemberian bibit ikan hingga saat ini bisa dibudidayakan hingga bisa meningkatkan ekonomi warga.

Kekompakan antar kelompok petambak keramba juga menjadi satu diantara unsur kesuksesan usaha keramba ikan ini.

Mungkin ini satu solusi pemanfaatan sisa bekas galian tambang yang banyak tidak terurus.

Kepala Desa bersama warga Desa Serongga Kecamatan Kelumpang Hilir Kabupaten Kotabaru jeli melihat potensi bekas galian tambang yang ada diwl wilayahnya.

Dengan dibantu oleh Indocement kini keramba ikan air tawar sudah ada sekitar 50 keramba. Pengelolaan yang dengan sistem kebersamaan ini mampu mengangkat perekonomian warga sekitar.

Kasriadi, seorang pemilik keramba di bekas galian tambang mengatakan hasil dari keramba ikan air tawar ini sudah bisa meningkatkan hasil penjualan di tengah masa pandemi Covid-19.

Pewarta: Imm

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021