Sekretaris Komisi I DPRD Kotabaru, Rabbiansyah menandaskan penyaluran dana aspirasi atau pokran, tahun kerja 2021 akan difokuskan pada pengadaan mobil ambulan bagi daerah terpencil khususnya daerah pemilihan (dapil) III Kotabaru.

Dikatakan Robby-sapaan akrabnya, pada tahun kedua (2021), program aspirasi saya masih fokus pada pengadaan mobil ambulans, hal ini bagian dari target nantinya masing-masing desa di dapil III memiliki ambulans.

"Kebijakan ini dilakukan dikarenakan bagi sebagian besar desa di Dapil III itu akses ke puskesmas dan ke rumah sakit sangat jauh dan sarana transportasi membawa orang sakit sangat sulit," kata Robby.

Oleh karenanya, lanjut dia, langkah kongrit saat ini adalah setiap desa harus memiliki ambulans sendiri, agar permasalahan warga yang sakit dan harus di tangani baik ke puskesmas setempat atau ke rumah sakit tidak perlu menunggu yang pada akhirnya sering masyarakat meninggal dunia.

Ibu melahirkan tanpa bantuan medis dan kasus-kasus lainnya akibat tidak ada sarana untuk ke pusat layanan kesehatan, sehingga dengan adanya ambulans, maka warga kami di Dapil III bisa cepat teratasi.

Pada bagian lain, politisi Perindo ini menuturkan, untuk mewujudkan setiap desa punya ambulans belum bisa dalam waktu dekat, pasalnya terbatasnya pagu anggaran yang dialokasikan dalam program dana aspirasi atau pokok pikiran dewan ini.

"Rencana semula program aspirasi atau pokran masing-masing anggota DPRD Kotabaru di kisaran   Rp1,5 miliar, saat ini diketuk cuma Rp1 miliar," katanya seraya berharap desa-desa yang belum dapat, agar bisa bersabar menunggu giliran.

Ia berjanji program ini menjadi perhatian bagi dirinya sebagai wakil rakyat, dan Robby memastikan akan menjadikan skala proritas dalam program ini dan akan disusun setiap tahunnya.

Lebih lanjut diungkapkan, tahun 2020 yang sudah direalisaiskan dalam program pengadaan ambulans yakni Desa Sakadoyan Kecamatan Pamukan Selatan, Desa Balaimea Kecamatan Pamukan Utara, Desa Betung Kecamatan Pamukan Utara.

Nah, tahun 2021 giliran Desa Bakau Kecamatan Pamukan Utara, Desa Wonorejo Kecamatan Pamukan Utara dan Desa Gunung Batu Besar Kecamatan Sampanahan.

Selain program ambulans, Roby menambahkan, sisa anggaran sekitar Rp250 juta akan disisihkannya untuk hibah rehab total Masjid Desa Sakadoyan, pendanaan perangkat sound sistem di Sangkoh Estate Desa Manunggul Lama yang akan dipergunakan masyarakat di sana untuk pengajian, latihan kesenian kuda lumping, dan kesenian kubro siswo atau hajatan lainny bagi karyawan kebun sawit.

Pewarta: M. Shohib

Editor : Imam Hanafi


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021