Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah XI bersama Perguruan Tinggi Swasta (PTS) akan membantu Pemerintah Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) untuk meronavasi pembangunan fasilitas umum yang rusak akibat banjir.

"Sasaran pemberian bantuan adalah perbaikan fasilitas umum dengan tingkat kerusakan dan posko kesehatan berdasarkan tingkat jangkauan serta penilaian kerawanan dampak banjir terhadap kesehatan masyarakat," kata ketua LLDIKTI Wilyah XI, Prof H Udiansyah, Rabu (27/1) saat akan terjun langsung ke lapangan meninjau lokasi pascabanjir di Kecamatan Hantakan.

Menurutnya, prioritas utama adalah membangun kembali fasilitas umum yang mengalami kerusakan parah atau sangat dibutuhkan oleh masyarakat terdampak banjir. 

Pihaknya memilih Kabupaten HST, karena di daerah tersebut yang mengalami kerusakan sangat parah.

Bersama pimpinan PTS, Ia berharap dengan bantuan renovasi tersebut, percepatan pelayanan kepada masyarakat Pemkab HST bisa terlaksanakan dan dapat meringankan beban masyaakat yang terdampak banjir.

Prof  Udiansyah mengatakan, sebelum membangun fasilitas yang rusak tersebut, LLDIKTI XI PEDULI terlebih dahulu sudah menurunkan tim untuk melakukan inventarisasi kerusakan fasilitas umum yang diperlukan, sehingga benar-benar diketahui fasilitas umum yang mendesak untuk dibangun.

Bupati HST, H A Chairansyah menyampaikan selaku Pemerintah dan masyarakat mengucapan terimakasih atas kepedulian LLDIKTI Wilayah XI bersama PTS.

"Semoga ini menjadi berkah bagi kita semua, untuk pelaksanaan kegiatan di lapangkan nanti bisa berkoordinasi dengan SOPD yang terkait," katanya.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda HST, H Ainur Rafiq menambahkan, saat ini Pemkab HST sedang berupaya untuk pemulihan pasca Barabai, banjir melumpuhkan kota Barabai dimana Barabai pusat pemerintahan, ekonomi,  sehingga lumpuh segala-galanya, otomatis aktifitas Pemerintahkan tidak berjalan semestinya.

"Saat ini hampir seluruh peralatan kerja tidak dapat lagi di pergunakan oleh SOPD, sekarang hanya bisa memanfaatkan sumber daya yang ada untuk tetap memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Alhamdulillah, sumbangan mengalir terus baik dari Pemerintah, BUMN, Perusahaan dan organisasi kemasyarakatan lainnya, sehingga meringankan beban Pemkab HST," tambahnya.

Pewarta: M. Taupik Rahman

Editor : Gunawan Wibisono


COPYRIGHT © ANTARA News Kalimantan Selatan 2021